Kamis 03 Jan 2013 11:07 WIB

Tips Agar Usaha Langgeng

Bisnis (ilustrasi)
Foto: projekt-kljucic.com
Bisnis (ilustrasi)

Pertanyaan:

Salam pak, apa sih yang diutamakan dalam membuka sebuah usaha selain modal, agar bisa langgeng? Karena saya melihat, banyak sekali wirausahawan yang hanya bisa bertahan dalam jangka pendek. Terima kasih.

Rahman

Jawaban:

Salam Mas Rahman, wah ini pertanyaan yang bagus sekali. Tentu tidak ada yang dapat membentuk suatu usaha untuk dapat bertahan lama, kecuali dapat terus berimprovisasi dengan inovasi serta pengembangan produk dan pasar. Sesuai dengan siklusnya, maka usaha yang memiliki durasi waktu panjang, hanya dapat ditopang dengan sistem bisnis yang baik serta perbaikan terus-menerus.

Sebutkan beberapa nama yang besar dalam dunia usaha saat ini. Mereka timbul tentu tidak dengan tiba-tiba, melainkan melalui proses evolusi bisnis yang panjang. Pahit, manis bahkan getir adalah bagian dalam serangkaian proses menuju kesuksesan yang mereka jalani.

Karena itu, kondisi yang buruk tersebut merupakan hal biasa. Namun yang sangat luar biasa adalah kemampuan untuk bangkit, mencoba dan memulai kembali. Umumnya, hal tersebut tercermin dari sikap mental, karena itu bisnis maupun usaha yang ditekuni harus sejiwa dengan diri Anda.

Tidak boleh pantang menyerah, terus berusaha, serta berfokus pada solusi dan bukan sebab permasalahan merupakan kriteria mendasar yang harus dimiliki. Beberapa kegagalan dalam berwirausaha, salah satunya juga disebabkan oleh persoalan problem mentalitas tersebut.

Seperti yang disebutkan di permulaan, maka momentum awal adalah yang harus dipersiapkan terkait mentalitas, setelah itu harus disusun benar format bisnis yang akan dijalankan secara terperinci. Kemudian implementasi dan lakukan evaluasi secara berkala, setelah itu lakukan perbaikan.

Kegiatan dengan runtutan tersebut dikenal Plan-Do-Check-Action secara terus menerus, melakukan pembelajaran demi perbaikan, serta menjadikan hal itu sebagai sebuah kebiasaan dalam keseharian. Nah, kini saatnya Anda menentukan seperti apa format usaha yang akan ditekuni dan terjunlah dengan baik. Tetap semangat dan salam Entrepreneur. (RK)

Ery Kasman, SE, MSi  

Direktur Entrepreneur Institute Cinere

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement