Rabu 12 Dec 2012 14:46 WIB

'Tuliskan Apa yang Dirumuskan dan Laksanakan yang Telah Dituliskan'

Distributor Buku (ilustrasi)
Foto: bkcommunity.com
Distributor Buku (ilustrasi)

Pertanyaan:

Selamat siang, saya ingin konsultasi mengenai bisnis yang akan saya geluti. Saat ini saya mempunyai ide untuk menjadi distributor buku, berapa modal yang harus saya siapkan dan prosedur kerjanya seperti apa? Apakah saya harus bekerja sama dengan sekolah atau seperti apa, dan apakah ini bisa menjadi peluang bisnis? Terima kasih.

Raikhana Apriana

Jawaban:

Untuk Raikhana yang luar biasa, ide yang matang dalam sebuah perencanaan terkait dengan gagasan dasar usaha, ditambah dengan mekanisme implementasi operasional dari ilustrasi usaha yang telah dirumuskan sebelumnya. Sehingga ide tidak hanya mengawang menjadi sebuah mimpi, tetapi dapat direalisasikan sebagai kerangka kerja dari tujuan bisnis.

Sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan, maka Raikhana telah sampai di tahap yang pertama yakni menentukan jenis usaha. Namun, belum masuk kepada pendalaman format dan bentuknya. Untuk itu, maka beberapa hal perlu digali lebih dalam, seperti saat ini apakah sudah melakukan inventarisir network di bidang industri perbukuan.

Karena buku tentu segmentasinya spesifik, seperti buku pelajaran, buku novel, buku tentang hobi, dll. Kemudian setelah itu, apakah telah melakukan evaluasi target pangsa pasar? Mau jadi Distributor saja? Atau outlet sales yang lengkap ditambah dengan cafe yang menarik, dll.

Di samping itu, perlu dipahami karena tentu akan bekerjasama pada beberapa penerbit, maka mekanisme pembayaran dan pemesanan juga pasti berbeda-beda. Sehingga dengan demikian dapat dilakukan kalkulasi atas permodalan yang dibutuhkan.

Dalam hal pemasaran, maka bekerjasama dengan instansi yang membutuhkan tematik buku bisa dilakukan, termasuk dengan sekolah. Bila kemudian bidang usaha ini ditekuni dengan baik, serta dirumuskan dan dikembangkan secara inovatif tentu bisa menjadi sebuah peluang bisnis menarik.

Prinsip utamanya jangan pernah menyerah, kembangkan dengan inovasi dan metode baru yang didapat dari hasil evaluasi internal (kemampuan diri) dan pencermatan kondisi eksternal (added value atas kompetitor bisnis serupa). Jadi tuliskan apa yang dirumuskan, dan laksanakan yang telah dituliskan. Tetap semangat, salam Entrepreneur. (EK)

Ery Kasman, SE, MSi  

Direktur Entrepreneur Institute Cinere

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement