Senin 07 Nov 2011 14:00 WIB

Telapak Tangan Sering Berkeringat, Gejala Apa Dok?

Telapak Tangan/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Telapak Tangan/Ilustrasi

Pertanyaan :

Dok, kenapa ya telapak tangan dan telapak kaki saya sering sekali berkeringat, sampai-sampai sepatu yang saya pakai terasa sangat licin, begitu pula dengan telapan tangan saya. Sampai banyak orang mengira saya seperti habis mencuci tangan karena basah sekali. Kira-kira saya kenapa ya dok, terima kasih.

Ria,30 tahun - Setiabudi

Jawaban :

Untuk Ibu Ria yang baik hati, sebenarnya apa yang ibu alami tersebut, dialami juga oleh orang lain, yaitu adanya produksi keringat yang berlebih di tempat tertentu.

Dalam hal ini, produksi kerigat dipengaruhi atau diatur oleh sistem saraf parasimpatis yang berpusat diotak. Dalam kondisi kepanasan misalnya, sistem saraf tersebut akan memicu produksi keringat agar tubuh lebih sejuk.

Aktifitas saraf parasimpatis tersebut juga sangat dipengaruhi oleh adanya rasa gugup, cemas, gelisah, sehingga saat ada perasaan tersebut kita akan menjadi berdebar dan berkeringat.

Meskipun demikian, ada juga penyakit/ kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan mempengaruhi aktivitas sistem saraf parasimpatis tersebut, antara lain kondisi hipoglikemia, hipertiroid, hipotensi.

Oleh karena itu, apabila keluhan yang ibu Ria alami tersebut sering muncul tidak hanya pada saat gugup, cemas dan gelisah, apalagi dengan disertai adanya gejala lain seperti penurunan berat badan, gemetar, leher bengkak, demam, pusing dan sebagainya, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dapat melakukan observasi langsung serta menjalankan pemeriksaan lanjutan lainnya.

Demikian yang dapat saya jelaskan bu, semoga bermanfaat dan tetap sehat. (YVM)

dr. Yovita Mulyakusuma. Msc, SpPD

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement