Kamis 25 Apr 2024 16:40 WIB

Aceh Ingin Tingkatkan Kualitas Destinasi Wisata

Peningkatan kualitas destinasi wisata tentu akan beri kenyamanan wisatawan.

Wisatawan domestik mengunjungi miniatur menara Petronas yang dibangun untuk mengembangkan pariwisata bahari di pesisir pantai Lhok Seudu, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (9/1/2021).
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Wisatawan domestik mengunjungi miniatur menara Petronas yang dibangun untuk mengembangkan pariwisata bahari di pesisir pantai Lhok Seudu, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (9/1/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan, salah satu cara untuk menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu adalah meningkatkan kualitas destinasi yang ada di daerah setempat.

"Peningkatan kualitas destinasi wisata tentu akan memberikan kenyamanan kepada setiap pelancong yang berkunjung dan menikmati beragam destinasi wisata yang tersebut di seluruh kabupaten/kota di Aceh," kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, dilansir //ANTARA, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, peningkatan kualitas destinasi pariwisata yang dilakukan Pemerintah Aceh yakni mengembangkan infrastruktur fasilitas umum sebagai upaya meningkatkan kenyamanan kepada seluruh pengunjung di lokasi-lokasi wisata. Kemudian meningkatkan pembinaan sumber daya manusia (SDM) pendukung sektor wisata, menjaga kelestarian lingkungan alam dan budaya, melakukan promosi dan pemasaran serta mengembangkan produk dan paket wisata yang menarik wisatawan.

"Pengembangan paket wisata tersebut dilakukan dengan mengusung konsep wisata budaya, petualangan, kuliner, dan ekowisata yang tersebar di seluruh pelosok Aceh," kata dia.

Kemudian yang tidak kalah penting dalam mendukung sektor pariwisata untuk tumbuh dan bangkit serta memberikan dampak pada semua sektor ekonomi adalah membangun kerja sama yang erat antara pemerintah, sektor swasta, masyarakat lokal, dan komunitas pariwisata. Selanjutnya merencanakan, mengelola, dan mempromosikan destinasi pariwisata secara holistik dan berkesinambungan sehingga seluruh pengunjung yang berwisata ke Aceh merasa nyaman dan aman.

Ia menambahkan Pemerintah Aceh melalui Disbudpar telah meluncurkan Kalender event wisata dan budaya Aceh atau Khazanah Piasan Nanggore (KPN) 2024 dengan total atraksi yang akan digelar sebanyak 50 kegiatan. "Beragam atraksi yang kita gelar sepanjang 2024 ini merupakan bagian untuk menarik para pelancong berkunjung ke Aceh," ungkap Almuniza.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement