Rabu 24 Apr 2024 22:40 WIB

InJourney: Sirkuit Mandalika Terpesan 200 Ajang Otomotif dalam Setahun

InJourney sangat serius menggali potensi dan memperkuat posisi Mandalika .

Foto udara jalur lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang selesai diaspal ulang di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (26/10/2022).
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto udara jalur lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang selesai diaspal ulang di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (26/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengatakan, Pertamina Mandalika Internasional Circuit atau Sirkuit Mandalika menjadi magnet pariwisata olahraga, tercatat sudah terpesan 200 ajang otomotif dalam setahun.

"Di tahun ini, Pertamina Mandalika International Circuit sudah terpesan 200 hari untuk event-event otomotif,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono di sela konferensi pers Japanese Domestic Market (JDM) Funday di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Maya menegaskan bahwa InJourney sangat serius menggali potensi dan memperkuat posisi Mandalika sebagai sport and entertainment tourism yang berkesinambungan.

"Pemerintah sangat serius dalam mengaktivasi sirkuit ini, tidak hanya digunakan sebagai ajang balap motor roda dua saja, namun juga kita optimalkan untuk dapat digunakan sebagai ajang balapan roda empat," ujar Maya.

Dia mengatakan, sebelumnya Porsche Sprint Challenge Indonesia sukses diselenggarakan dan akan menjadi signature events di Mandalika.

Selanjutnya, Japan Domestic Market (JDM) akan diadakan pada tanggal 28 April sampai 1 Mei 2024 dan menjadi yang pertama diselenggarakan di Mandalika.Dia menginginkan agar Pertamina Mandalika International Circuit bisa menjadi bagian dari country branding serta memberikan multiplier effects bagi masyarakat Lombok.

"Oleh karena itu, kami menjadikan sirkuit ini menjadi magnet utama pariwisata yang inklusif di Mandalika. Sirkuit dapat dibuka dan dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga pengunjung bisa datang dan merasakan sensasi driving di sirkuit dengan mobil radikal,” jelas Maya.

Selain itu, lanjut Maya mengatakan, sirkuit juga dibuka untuk Community Track Experience seperti yang telah diselenggarakan yakni Mini Cooper Jaksel, komunitas mobil listrik, Mandalika Drift, dan sebagainya.

Kawasan The Mandalika diperkuat dengan hadirnya Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, yang memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan serta menggunakan motif budaya khas Lombok yakni Tenun Sasak di area run-off.

Berbagai ajang telah diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, salah satunya ajang balap motor bergengsi tingkat dunia yakni MotoGP yang telah dua kali diselenggarakan yaitu pada 2022 dan 2023, dan berhasil mendatangkan lebih dari 100 ribu penonton pada setiap penyelenggaraannya.

Selain MotoGP, ada pula kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) yang saat itu sempat vakum selama empat tahun untuk kembali bertandang menyambangi Indonesia pada 2023.

Tak hanya ARRC, terdapat event race lokal yang melahirkan bibit-bibit pembalap nasional muda yang berlaga di tingkat dunia seperti Veda Ega Pratama yang berlaga di Asian Talent Cup Champion 2023.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement