Rabu 24 Apr 2024 02:02 WIB

Wapres: Pengembangan Ekonomi Syariah Harus Dirasakan Rakyat

Optimalisasi itu dapat dilakukan melalui peningkatan hilirisasi produk.

Wakil Presiden RI Maruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah Jawa Barat.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wakil Presiden RI Maruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menyampaikan empat fokus pengembangan ekonomi dan keuangan syariah agar manfaatnya semakin dirasakan masyarakat.

"Pertama, optimalkan pengembangan sektor industri produk halal melalui penguatan ekosistem rantai nilai halal pada sektor-sektor unggulan daerah," kata Wapres saat memberi sambutan pada acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga

Wapres mengatakan optimalisasi itu dapat dilakukan melalui peningkatan hilirisasi produk, akselerasi sertifikasi halal, dan pengembangan sektor pariwisata ramah Muslim.

"Kedua, perluas akses (inklusi) dan kontribusi keuangan syariah dalam pembiayaan pembangunan daerah, melalui penerapan inovasi jasa keuangan syariah dan teknologi digital," katanya.

Ia pun mengungkapkan kontribusi sektor ekonomi dan keuangan syariah untuk pembangunan di Indonesia sudah mulai meningkat, termasuk di Jabar.

Sejak 2013 hingga 2023, di Jabar terdapat 315 proyek dengan nilai sekitar Rp 17,8 triliun yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara. Oleh karena itu, Wapres meminta keberhasilan implementasi proyek-proyek itu ke depannya untuk terus didukung.

Selanjutnya ketiga, ucap Wapres, tingkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan tata kelola zakat dan wakaf produktif serta mengoptimalkan peran lembaga keuangan mikro syariah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Melalui dana sosial tersebut, Wapres mengharapkan agar manfaatnya dapat disalurkan pada pembangunan di bidang sumber daya manusia (SDM), yaitu pada penurunan angka kemiskinan ekstrem dan prevalensi stunting.

"Terakhir, kembangkan bisnis dan kewirausahaan syariah melalui optimalisasi program inkubasi usaha syariah," kata Wapres.

Dengan berkembangnya kewirausahaan syariah tersebut, ke depan diharapkan dapat terus melahirkan bisnis-bisnis halal untuk semakin memperkuat ekosistem syariah.

Menutup arahannya, Wapres pun berpesan kepada jajaran pengurus KDEKS Provinsi Jabar untuk selalu memberikan kontribusi terbaiknya agar konsep syariah semakin terimplementasi di masyarakat dan hasil terbaiknya dapat dipetik di masa mendatang.

"Selamat bekerja bagi KDEKS Provinsi Jawa Barat. Terus lah berikhtiar menggaungkan dan membumikan ekonomi dan keuangan syariah di Bumi Pasundan sehingga dapat berkontribusi nyata dan bermanfaat langsung bagi peningkatan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," ujar Wapres.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement