Sabtu 30 Mar 2024 16:46 WIB

BSI Maslahat Kembali Salurkan Bantuan Kemanusiaan Banjir Demak dan Kudus

Bantuan yang disalurkan sebesar Rp 100 juta yang terbagi menjadi enam tahap.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Foto udara kondisi banjir yang merendam kawasan Alun-alun Demak di depan Masjid Agung Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Foto udara kondisi banjir yang merendam kawasan Alun-alun Demak di depan Masjid Agung Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah. Jumlah bantuan yang disalurkan sebesar Rp 100 juta yang terbagi menjadi enam tahap penyaluran. 

Bantuan diberikan berupa logistik seperti beras, minyak goreng, gula, hygiene kit, pembalut, pakaian dalam, obat nyamuk oles, dan obat-obatan.

Baca Juga

Penyaluran pertama, bantuan air mineral dan obat-obatan disalurkan ke Kantor BPBD Kabupaten Demak Kelurahan Mangunjiwan, Kabupaten Demak. Penyaluran kedua, bantuan logistik disalurkan ke dapur umum di Balai Desa Jati Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Demak.

Penyaluran ketiga, bantuan logistik diserahkan ke dapur umum di SMPN 1 Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penyaluran keempat, bantuan logistik dan obat-obatan diserahkan ke titik pengungsian gedung JHK IPHI.

 

Penyaluran kelima, bantuan logistik dan hygiene kit diserahkan ke kantor BPBD Kudus. Penyaluran keenam, tim BSI Care Group melakukan pendistribusian bantuan logistik dan hygiene kit secara langsung kepada warga terdampak di desa Wonorejo Kecamayan Karanganyar Kabupaten Demak.

Banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah kembali terjadi akibat jebolnya tanggul di wilayah Demak. Banjir ini semakin meluas hingga di Kabupaten Kudus ada 29 desa terdampak dari banjir sebelumnya yang hanya beberapa desa. Sebanyak 29 desa itu berada di lima kecamatan, yakni Undaan, Jati, Kaliwungu, Mejobo, dan Jekulo.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, ada sebanyak 74 desa di 10 kecamatan yang terdampak banjir. Warga yang terdampak sebanyak 75.004 jiwa dan yang mengungsi 4.244 jiwa.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro, mengungkapkan keprihatinannya akan banjir yang kembali menimpa masyarakat Demak dan Kudus. "Semoga bantuan yang BSI Maslahat salurkan bisa membantu masyarakat yang memerlukan di bulan Ramadan seperti ini," kata dia.

Devi Utami salah satu warga desa terdampak mengungkapkan terima kasih kepada BSI Maslahat atas bantuan yang diberikan. "Terima kasih BSI Maslahat atas bantuan kemanusiaannya untuk kami para korban banjir di desa Wonorejo Kec. Karanganyar. Semoga bantuan ini menjadi berkah untuk semua," kata dia.

Bantuan kemanusiaan ini diberikan dengan tujuan untuk membantu penyintas dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka. Juga guna meringankan beban yang mereka hadapi di tengah musibah banjir.

Saat ini kondisi banjir di beberapa desa sudah mulai surut. Sebagian warga yang rumahnya sudah mulai surut mulai membersihkan rumah mereka. Sementara warga yang rumahnya masih menggenang air, masih menetap di titik pengungsian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement