Jumat 01 Mar 2024 16:11 WIB

BSI Dorong Penguatan Ekosistem Ekonomi Pesantren Lewat Agen Laku Pandai

Hal itu menjadi bagian dari nilai syariah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas melayani nasabah di Kantor Cabang BSI KC Mayestik, Jakarta, Kamis (28/12/2023).
Foto: Dok Republika
Petugas melayani nasabah di Kantor Cabang BSI KC Mayestik, Jakarta, Kamis (28/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi pesantren agar dapat memiliki nilai tambah melalui agen laku pandai, BSI Agen.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan salah satu upaya strategis tersebut merupakan bagian dari penguatan ekosistem halal yang berpotensi tinggi, sehingga harus digarap secara serius oleh perseroan. Hal itu menjadi bagian dari nilai syariah untuk menjadi sahabat finansial, sahabat sosial, dan sahabat spiritual bagi nasabah.

Baca Juga

“Untuk itu, tahun ini kami akan menyasar ekosistem pesantren dalam peningkatan penyerapan BSI Agen terutama wirausaha di lingkungan civitas pesantren. Tercatat tahun lalu pada periode Agustus-Desember 2023, transaksi BSI Agen terbanyak di pesantren,” ujarnya, Jumat (1/3/2024).

Ngatari menekankan, agen laku pandai BSI Agen berperan menjadi perpanjangan tangan BSI untuk optimalisasi layanan finansial dan non-finansial di daerah-daerah remote dan suburban. Sehingga layanan perbankan syariah semakin luas jangkauannya bagi masyarakat Indonesia. Layanan BSI Agen saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai lebih dari 86 ribu agen. 

 

Hingga Desember 2023, jumlah transaksi mencapai 19,6 juta transaksi dengan nominal Rp 43,8 triliun. Hal ini menunjukkan peran BSI Agen sangat berpengaruh dalam peningkatan inklusi keuangan syariah, khususnya di daerah. Di mana tiga provinsi terbesar yang menyerap BSI Agen terbanyak di wilayah Aceh, Palembang dan Surabaya.

“Hal ini juga menjadi tantangan besar bagi BSI, terutama menjangkau daerah-daerah yang jauh dari layanan cabang. Untuk itu di tahun ini juga, kami berfokus pada sektor pendidikan yang notabene sudah menjangkau masyarakat hingga pelosok negeri dan juga sektor ini adalah mandatory/utama bagi masyarakat,” ucapnya.

Perseroan pun akan masuk dan menjajaki adanya kemungkinan kerja sama dengan pesantren-pesantren yang potensial guna menggarap potensi peningkatan penetrasi pasar secara menyeluruh. Baik dari sisi tabungan, pembiayaan maupun laku pandai BSI Agen. Sebagai bentuk simbolik, pada Jumat ini BSI menandatangani MOU layanan dan produk perbankan syariah dengan Pesantren Daarul Mughni Al Maliki, Klapanunggal, Cileungsi.

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan penyerahan hadiah atas program Racing BSI Agen yang diadakan pada 2023 kepada agen dengan transaksi dan fee tertinggi. Hadiah 1 unit motor dan 10 gram logam mulia diberikan kepada dua BSI Agen yang berlokasi di Pondok Pesantren Daarul Mughni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement