Kamis 08 Feb 2024 11:15 WIB

Pengguna QRIS Muamalat Naik 500 Persen

Jumlah transaksi sepanjang 2023 juga ikut meningkat.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Karyawan melakukan pembayaran menggunakan QRIS di salah satu merchant kantin karyawan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk di Jakarta, Rabu (7/2/2024).
Foto: Dok Republika
Karyawan melakukan pembayaran menggunakan QRIS di salah satu merchant kantin karyawan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah pemilik usaha atau merchant yang menggunakan layanan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS PT Bank Muamalat Indonesia Tbk meningkat lima kali lipat sepanjang 2023. Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, Bank Muamalat sebagai QRIS acquirer memfasilitasi nasabah yang memiliki usaha, khususnya yang bergerak di sektor usaha mikro, kecil dan menengah agar semakin mudah dalam mengelola transaksi pembayaran usahanya. 

"Per 31 Desember 2023, jumlah merchant QRIS yang terdaftar di Bank Muamalat sebanyak 9.488. Secara year on year (yoy), pertumbuhan merchant kami meningkat lebih dari 500 persen," kata Wahyu dalam keterangan dikutip, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga

Pencapaian ini, lanjut Wahyu, dinilai sangat positif dan menunjukkan bahwa kepercayaan nasabah terhadap layanan digital Bank Muamalat sangat tinggi. Di samping itu, hal ini juga bentuk dukungan Bank Muamalat terhadap program pemerintah dalam hal penerimaan transaksi nontunai dan pembayaran digital di Tanah Air.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah merchant, jumlah transaksi sepanjang 2023 juga ikut meningkat. Per 31 Desember 2023, jumlah transaksi QRIS Bank Muamalat tercatat sebanyak 2.553.346 kali atau tumbuh lebih dari 470 persen jika dibandingkan dengan 2022. 

 

 

Adapun pendapatan berbasis komisi atau Fee Based Income (FBI) yang dihasilkan sepanjang 2023 melonjak 453 persen (yoy). Sebagai informasi, QRIS acquiring Muamalat pertama kali diluncurkan pada Januari 2022. 

 

Layanan ini ditawarkan kepada nasabah Bank Muamalat yang memiliki usaha dan memenuhi syarat sebagai merchant QRIS. Nasabah kemudian dibekali aplikasi MMA yang dapat diunduh di toko aplikasi Playstore dan Appstore untuk mengelola transaksi.

Aplikasi MMA yang digunakan oleh pemilik usaha memiliki keunggulan dari sisi fitur keamanan, yaitu proteksi refund transaksi dengan menggunakan Personal Identification Number (PIN). Fitur ini melindungi usaha nasabah dari potensi kecurangan jika ada oknum kasir yang mencoba melakukan pengembalian dana (refund) kepada pembayar tanpa sepengetahuan pemilik bisnis, karena PIN tersebut tidak untuk diberitahu kepada kasir. 

Selain di merchant, layanan QRIS Acquirer Bank Muamalat juga dapat digunakan untuk pembayaran donasi dan transaksi pembayaran di berbagai instansi seperti sekolah, mesjid, lembaga donasi dan rumah sakit.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement