Rabu 31 Jan 2024 22:25 WIB

PLN UID Bali Salurkan Zakat kepada 3.304 Jiwa pada 2023

Jumlah penyaluran YBM PLN UID Bali dari dana zakat mencapai Rp 1,34 miliar.

YBM PLN memberikan bantuan immune kit untuk warga.
Foto: YBM PLN
YBM PLN memberikan bantuan immune kit untuk warga.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali menyalurkan zakat, infak, sedekah kepada 3.304 jiwa masyarakat penerima manfaat pada 2023 sebagai wujud komitmen meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pemberdayaan salah satunya melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN.

Ketua YBM PLN UID Bali Moh. Fajar Jamaludin di Denpasar, Rabu (31/1/2024), mengatakan, sepanjang tahun 2023, pihaknya menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) dari insan PLN ini telah menyalurkan kepada 3.304 jiwa yang masuk dalam golongan mustahik yakni masyarakat yang berhak menerima zakat. Jumlah penyaluran YBM PLN UID Bali dari dana zakat mencapai Rp 1,34 miliar.

Baca Juga

"Penyaluran bantuan ini disesuaikan dengan lima pilar program YBM PLN yakni sosial kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan dakwah," katanya.

Fajar mengatakan bantuan yang disalurkan pada tahun 2023 antara lain menyasar masyarakat di wilayah Provinsi Bali yang berhak menerima zakat sesuai asnaf dan prinsip syariah.

 

"Pemberian bantuan didasarkan pada prinsip syariah tentang zakat dan dipastikan dengan benar keasnafan penerima manfaat (mustahik) melalui survei dan evaluasi yang dilakukan oleh tim amal YBM PLN" kata dia.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan di tahun 2024, YBM PLN juga akan membentuk tim Disaster Fast Response yang dimaksudkan untuk mempercepat pemulihan daerah yang terdampak bencana alam.

"YBM PLN akan membentuk tim yang dapat merespon cepat apabila terjadi bencana alam di suatu wilayah di Bali, dan tim ini nantinya akan bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan atau stakeholder serta berkolaborasi dengan unit-unit yang ada di seluruh kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Bali," kata Fajar.

Sementara itu, General Manager PLN UID Bali I Wayan Udayana yang merupakan Dewan Pengawas YBM PLN UID Bali mengapresiasi semangat YBM PLN yang telah konsisten memberdayakan dan membantu peningkatan perekonomian masyarakat di Bali.

“Peran serta YBM PLN telah banyak mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang positif di tingkat nasional dan kelembagaan YBM PLN banyak melakukan perbaikan dan inovasi dalam pengelolaan ZISWAF," kata Udayana.

Hal itu, kata dia, menjadikan YBM PLN lebih mantap dan amanah untuk menyalurkan dana ziswaf pegawai PLN ke seluruh pelosok tanah air terlebih lagi struktur organisasi pengelolaannya juga sudah sangat siap, karena YBM PLN melekat pada struktur organisasi unit PLN di seluruh Indonesia. Dirinya berharap ke depan YBM PLN mampu merumuskan program-program yang semakin unggul dan berkelanjutan, sehingga dapat memberdayakan para mustahik yang mandiri.

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement