Jumat 05 Jan 2024 22:45 WIB

Pemkot Pariaman Catat 2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Kunjungan terbanyak terjadi saat rangkaian dan puncak pelaksanaan Tabuik.

Foto udara dua tabuik beradu sebelum dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumatra Barat, Ahad (14/8/2022).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Foto udara dua tabuik beradu sebelum dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumatra Barat, Ahad (14/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatra Barat mencatat kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di daerah ini sepanjang 2023 mencapai 2 juta orang.

"Kunjungan wisatawan sampai akhir 2023 diperkirakan mencapai angka 2,2 juta," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi, di Pariaman, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan jumlah kunjungan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sekitar 100 kunjungan yang diharapkan jumlahnya semakin meningkat pada 2024. Menurutnya, kunjungan tersebut terbanyak terjadi saat rangkaian dan puncak pelaksanaan Tabuik yang mendatangkan sekitar 400 ribu wisatawan.

"Tabuik dilaksanakan selama 12 hari yang selama ini mendatangkan 400 ribuan wisatawan," katanya pula.

 

Ia menyampaikan kunjungan wisatawan terbanyak, yaitu di objek wisata Pantai Gandoriah kemudian disusul di objek wisata lainnya di antaranya Talao Pauh, Pantai Kata, dan Pantai Cermin. Data jumlah kunjungan tersebut, ujarnya lagi, berdasarkan hasil penjualan tiket di sejumlah objek wisata yang diterapkan retribusi masuk serta perkiraan jumlah kunjungan di sejumlah objek wisata yang tidak diterapkan retribusi.

Dia mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu dengan menggelar sejumlah kegiatan yang dapat memancing kunjungan wisatawan. "Kami juga sudah membuka akses jalan masuk wisatawan langsung dari kereta api dari Stasiun Kereta Api Pariaman," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Pariaman menyasar 1,7 juta kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri sepanjang 2023 dengan melaksanakan 26 kegiatan pariwisata sepanjang tahun tersebut. "Kami menargetkan 1,7 juta kunjungan dengan perputaran uang Rp200 miliar dari sektor pariwisata sepanjang 2023," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat Peluncuran Calendar of Event Wisata dan Sinkronisasi Calendar of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman.

Untuk mengejar target tersebut, pihaknya telah melaksanakan pengenalan kegiatan-kegiatan wisata yang akan dilaksanakan di Pariaman kepada warga Jambi. Selain itu, Genius mengajak seluruh kabupaten dan kota di Sumbar untuk berkolaborasi dan menyinkronkan kalender kegiatan wisata agar sama-sama saling mendukung di setiap kegiatan khususnya di bidang promosi.

"Dan ketika ada kegiatan pariwisata kita sama-sama datang untuk hadir ke kegiatan itu," katanya pula.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement