Jumat 05 Jan 2024 07:30 WIB

Lampung Manfaatkan Empat Tren Pariwisata 2024 Naikkan Kunjungan Wisata

Lampung sudah memiliki agenda wisata untuk memanfaatkan tren pariwisata itu.

Wisatawan menikmati wisata air yang ditawarkan warga kepulauan di Kepulauan Pahawang, Pesawaran, Lampung, Kamis (30/6/2022). Masyarakat kepulauan Pahawang menggantungkan hidupnya dengan berdagang dan menjadi pemandu wisata.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Wisatawan menikmati wisata air yang ditawarkan warga kepulauan di Kepulauan Pahawang, Pesawaran, Lampung, Kamis (30/6/2022). Masyarakat kepulauan Pahawang menggantungkan hidupnya dengan berdagang dan menjadi pemandu wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARALAMPUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan memanfaatkan empat tren pariwisata nasional pada 2024 untuk meningkatkan kunjungan wisata di daerahnya.

"Lampung ini menjadi pintu gerbangnya Sumatra, jadi sangat strategis untuk menerapkan empat tren pariwisata nasional pada 2024," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan, di Bandarlampung, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Terutama, lanjutnya, untuk tren bleisure yang merupakan bentuk perjalanan bisnis dengan wisata. Karena banyak masyarakat yang melakukan kegiatan bisnis melalui Lampung.

Ia mengatakan empat tren pariwisata, yakni bleisure, wisata kebugaran, wisata alam yang bergabung dengan sejarah, dan wisata set jetting, akan dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kunjungan wisata di Lampung. "Secara potensi Lampung ini sudah ada wisata sejarah dan budaya, lalu ada wisata alam. Kemudian ke depan juga akan dibuat juga layanan kesehatan terpadu yang nanti akan menyasar wisata kesehatan serta kebugaran," kata Bobby.

 

Dia menjelaskan, untuk memaksimalkan tren wisata nasional di 2024 untuk meningkatkan pariwisata daerah. Maka pemerintah daerah pun segera membuat berbagai kegiatan pariwisata dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

"Kami akan membuat Lampung ini sebagai bumi event, jadi nanti di pertengahan tahun akan ada kegiatan besar yang mencampurkan semua potensi serta kekayaan yang ada di Lampung dengan budaya lokal," ucapnya.

Kemudian akan diadakan kegiatan skala internasional Krakatau Maraton yang konsepnya tengah dipersiapkan pada awal Januari 2024. "Krakatau Maraton ini konsepnya tinggal dimatangkan, untuk segera ditawarkan ke berbagai pihak. Untuk targetnya bisa 10 ribu orang yang datang sehingga ini bisa jadi pariwisata olahraga," tambahnya.

Menurut Bobby, empat tren pariwisata nasional di 2024 akan terus dimaksimalkan dengan menggabungkan paket-paket wisata yang ada di daerahnya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Provinsi Lampung.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksikan akan ada empat tren pariwisata pada 2024 meliputi bleisure yang merupakan wisatawan yang memadukan perjalanan bisnis dengan waktu luang, wisata kebugaran, wisata alam budaya dan sejarah, wisata set jetting (tempat-tempat syuting film).

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement