Sabtu 02 Dec 2023 14:30 WIB

Merek Kosmetik Halal Lokal Dinilai Semakin Terdepan

Perusahaan baru dan startup kosmetik lokal juga tak mau kalah saing di pasar halal.

Rep: Fuji EP/ Red: Fuji Pratiwi
Serum dari jenama kecantikan lokal Somethinc.
Foto: Somethinc
Serum dari jenama kecantikan lokal Somethinc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salaam Gateway bekerja sama dengan DinarStandard, menyajikan daftar perdana 30 perusahaan produk halal teratas yang berbasis di negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Menurut laporan kolaborasi dua lembaga itu, merek-merek kosmetik asli OKI sedang berkembang, dengan nama-nama terkemuka seperti Paragon, BeautyHaul, Victoria Care, dan Conatural Beauty yang mulai menjadi arus utama. Beberapa pemain memperluas penawaran produk halalnya ke segmen yang lebih luas, seperti Paragon dengan meluncurkan Kahf, merek perawatan diri dan kosmetik halal untuk pria.

Baca Juga

Selain merek-merek kosmetik korporat ternama yang memiliki sejarah panjang, terdapat juga tren merek-merek lokal baru yang meraih kesuksesan signifikan baru-baru ini, seperti Somethinc dari Beauty Haul, sebuah startup kecantikan halal Indonesia yang didukung oleh Sequoia Capital.

Daftar 30 Perusahaan Produk Halal Teratas OKI menampilkan negara-negara utama di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Kawasan Teluk (GCC). Perusahaan-perusahaan tersebut dinilai berdasarkan ekspor intra-OKI dan inisiatif pasar halal mereka.

 

Dari 30 perusahaan, separuhnya (15 perusahaan) merupakan perusahaan Indonesia. Malaysia berada di urutan kedua dengan lima perusahaan, diikuti oleh Arab Saudi (keempat) dan UEA (kedua). Bio Farma Indonesia menduduki peringkat teratas, sementara Duopharma Biotech dari Malaysia, Indofood CBP Sukses Makmur dan PT Paragon Technology and Innovation dari Indonesia, dan Al Islami dari UEA melengkapi posisi lima besar.

Berikut daftar lengkapnya...

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement