Kamis 30 Nov 2023 22:07 WIB

Erick Thohir Jadi Saksi Kolaborasi UMKM Indonesia dan Palestina di Dubai

Kita buktikan UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Erick Thohir menyapa Imam masjid Imam Asy-Syafii, yang menjadi bagian dari kerjasama Indonesia dan UEA.
Foto: Dok IG
Erick Thohir menyapa Imam masjid Imam Asy-Syafii, yang menjadi bagian dari kerjasama Indonesia dan UEA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir menjadi saksi sinergi dua pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asal Indonesia dengan pengusaha asal Palestina. Uniknya kolaborasi kedua pengusaha itu terjadi justru di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).

"Dari Dubai ada pengusaha Indonesia yang sudah membuka cabang di Dubai. Enggak tanggung-tanggung, buka lima cabang sekaligus di sini," ujar Erick dalam sebuah unggahan di akun sosial medianya, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga

Pengusaha asal Indonesia yang diperkenalkan Erick adalah Ahmad Reza Kurnia Rahman, yang saat ini menjadi Chief Executive Officer (CEO) Roti Ropi. 

Reza pun memperkenalkan diri sebagai warga negara Indonesia asli Solo, Jawa Tengah. Kehadirannya di Dubai dan keberadaan bisnisnya di negara Burj Al Khaifa itu mendapatkan dukungan dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

 

“Kami dibiayai oleh pembiayaan dari BSI, Kami juga alumni dari Talenta Wirausaha BSI," ucap Reza.

Kemudian Erick pun menjelaskan bahwa partner Reza adalah warga berkebangsaan Palestina. Atas kerja sama itu, Erick menegaskan kembali bahwa itu merupakan simbol Indonesia dan Palestina selalu bersama. "Alhamdulillah Indonesia dan Palestina, Bersama," katanya.

Erick juga menceritakan evolusi bisnis yang kerap dialami para pelaku UMKM seperti Reza. Dalam hal ini, sebelum bergelut pada usaha Roti Ropi, Reza adalah seorang pengusaha advertising. Namun, itu menjadi kekuatan tambahan bagi reza karena membuat kemasan Roti Ropi menjadi lebih atraktif.

"Sebelumnya bergelut dalam bisnis Advertising. Makanya jago packaging dia. Kita buktikan UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global. Percaya UMKM Indonesia, harus. Percaya produk Indonesia, pasti bisa," kata Erick.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement