Kamis 23 Nov 2023 19:47 WIB

Lebih 16 Ribu Produk di Jambi Kantongi Sertifikat Halal

Progres sertifikat halal di Provinsi Jambi dari tahun ke tahun meningkat.

Warga mengikuti kegiatan bimbingan teknis sertifikasi halal di RPTRA Asoka, Jakarta, Senin (18/9/2023) (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga mengikuti kegiatan bimbingan teknis sertifikasi halal di RPTRA Asoka, Jakarta, Senin (18/9/2023) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Satuan Tugas (Satgas) Halal Provinsi Jambi mencatat sebanyak 16.287 produk di daerah setempat sudah mengantongi sertifikat halal terhitung hingga November 2023.

Sekretaris Satgas Halal Provinsi Jambi Nurcahaya di Jambi, kemarin, mengatakan, jumlah sertifikat halal yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terus bertambah. Tidak hanya sertifikat yang dikeluarkan untuk usaha skala mikro, kecil, menengah dan besar tetapi juga sertifikat halal untuk produk makanan dan minuman. Tercatat jumlah sertifikat yang dikeluarkan untuk usaha mikro, kecil menengah dan besar sebanyak 7.576 sertifikat.

Baca Juga

Nurcahaya menegaskan, Satgas terus mendorong seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan produk makanan dan minuman yang diproduksinya untuk mendapat sertifikat halal sebab mulai 17 Oktober 2024, Pemerintah akan memberlakukan wajib sertifikat halal atau mandatori halal untuk seluruh produk makanan dan minuman yang diperjualbelikan di Indonesia.

Progres sertifikat halal di Provinsi Jambi dari tahun ke tahun meningkat. "Sesuai dengan undang-undang yang diterapkan kepada bahwa nanti di tahun 2024 seluruh makanan yang beredar diperjualbelikan harus bersertifikat halal," kata dia.

 

Berdasarkan wilayah, jumlah usaha skala mikro, kecil, menengah dan besar yang memiliki sertifikat halal mencapai 2.214 dengan jumlah produk yang bersertifikat halal mencapai 6.306 macam produk.

Satgas Halal mengakui sudah bersinergi dengan pemerintah dan lembaga yang menaungi UMKM untuk produksi makanan dan minuman. Secara berkala pihaknya juga mensosialisasikan manfaat sertifikasi halal untuk produk dan lembaga usaha.

Dalam menyosialisasikan sertifikasi halal, Satgas juga menggandeng pihak terkait lainnya termasuk perguruan tinggi untuk mensosialisasikan dan membantu proses kepengurusan sertifikasi halal.

Ke depan diharapkan semua produk makanan dan minuman yang beredar di Jambi telah bersertifikasi halal sehingga makanan dan minuman yang akan dikonsumsi masyarakat terjamin halal.

Menurut Nurcahaya, pemerintah menargetkan sekitar 22 ribu produk di Jambi nantinya bersertifikat halal sedangkan secara nasional ditargetkan pada 2024 mendatang sebanyak 10 juta produk harus bersertifikat halal.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement