Ahad 19 Nov 2023 23:25 WIB

Bank Nagari Dukung Penguatan BUMNag di Sumbar

Bank Nagari dapat mendukung hal tersebut berupa layanan jasa perbankan.

Bank Nagari Syariah
Foto: Antara
Bank Nagari Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Sumbar) atau biasa dikenal Bank Nagari membantu pengelolaan keuangan dalam bentuk kredit/pembiayaan serta jasa layanan perbankan kepada badan usaha milik nagari (BUMNag) di Sumbar.

Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra, di Padang, Ahad (19/11/2023), mengatakan, sebagai bank milik pemerintah daerah, Bank Nagari dapat mendukung BUMNag dalam melakukan ekspansi usaha.

Baca Juga

Bank Nagari dapat mendukung hal tersebut berupa layanan jasa perbankan. Di antaranya dengan pemberian fasilitas kredit/pembiayaan permodalan kepada BUMNag, baik secara konvensional maupun syariah, sepanjang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan bank yang berlaku.

Sania memaparkan, Bank Nagari memiliki berbagai macam produk dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh BUMNag dalam mengembangkan bisnisnya, baik itu produk dana, kredit/pembiayaan, serta produk digital antara lain Lapau Nagari dan Nagari Portal Payment.

 

Sania mengatakan, dalam rangka mendukung dan mengembangkan BUMNag sebagai instrumen penggerak ekonomi lokal sangat penting adanya peranan lembaga perbankan. Maka dari itu dirasa perlu adanya sinergi antara Bank Nagari dengan BUMNag melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Sumbar.

Program layanan jasa perbankan Bank Nagari kepada BUMNag dan Lembaga Ekonomi Masyarakat antara lain kerja sama pemberian fasilitas kredit/pembiayaan oleh Bank kepada BUMNag/BUMDes/pelaku UMKM dan pemerintahan desa/nagari sepanjang memenuhi persyaratan bank. "Lalu melaksanakan kegiatan publikasi dan joint marketing yang meliputi antara lain advertensi, promosi dan sosialisasi dalam pemberian fasilitas kredit/pembiayaan baik secara konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah," kata Sania.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan penggerak ekonomi di Sumbar ada di nagari dengan jumlah 600 lebih BUMNag/BUMDes, yang 203 di antaranya sudah terverifikasi dan memiliki badan hukum. "Kolaborasi Bank Nagari dengan BUMNag/BUMDes ini diharapkan nagari bisa berkembang dan menjadikan indikator ekonomi makro dan mikro Sumbar turut menjadi baik, pengangguran berkurang, kemiskinan berkurang, dan tentunya ekonomi meningkat," ujarnya lagi.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement