Rabu 15 Nov 2023 16:45 WIB

Bantu Nasabah Prasejahtera, BTPN Syariah Kaji Pengembangan Solusi Digital

BTPN Syariah merupakan bank yang memfokuskan diri melayani keluarga prasejahtera.

Suasana pertemuan rutin sentra yang digelar BTPN Syariah di Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2023)
Foto: Ahmad Fikri Noor/Republika
Suasana pertemuan rutin sentra yang digelar BTPN Syariah di Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Bank BTPN Syariah Tbk mengkaji inovasi digital yang tepat untuk diberikan kepada para nasabah. Corporate and Marketing Communication Head BTPN Syariah Ainul Yaqin mengatakan, sentuhan digital sudah diterapkan untuk membantu para petugas lapangan atau Community Officer (CO) yang berinteraksi langsung dengan nasabah keluarga prasejahtera.

"Kita ingin nasabah ikut terdigitalisasi juga tapi kita memang sangat selektif dalam memberikan solusi digital," kata Ainul dalam Media Briefing di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga

BTPN Syariah merupakan bank yang memfokuskan diri melayani keluarga prasejahtera produktif. Kelompok itu kerap disebut unbankable karena tidak memiliki catatan keuangan dan dokumentasi legal. BTPN Syariah pun berupaya membangun sarana dan prasarana yang sangat berbeda dengan perbankan pada umumnya untuk memastikan produk dan layanan efektif serta efisien melayani segmen tersebut.

Distribution Head Area Sulawesi, Sumatera, dan Banten BTPN Syariah Firmansyah mengatakan, perseroan saat ini mengandalkan sistem Terra yang digunakan oleh para CO di lapangan. Dengan mengandalkan gawai tablet, para CO dapat mencatat transaksi keuangan nasabah, mendata profil penerima pembiayaan, dan lain-lain. 

Firmansyah menyebut, Terra yang dikembangkan BTPN Syariah itu relatif mudah digunakan atau user friendly. Sehingga, pekerjaan para CO di lapangan pun menjadi sangat terbantu. 

"Terra itu sudah canggih banget tapi kita akan enhance dengan pembaruan yang diperlukan di lapangan," ujar Firmansyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement