Selasa 14 Nov 2023 10:33 WIB

Raja Ampat, Potensi Wisata Halal yang Dicari Dunia

Raja Ampat, Papua terkenal sebagai wisata elit bagi wisatawan mancanegara.

Pemandangan dari Top View of Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat.
Foto:

Air laut yang jernih ini tentu tidak boleh dilewatkan untuk dinikmati keindahannya dari dalam. Banyak spot aktivitas snorkeling dengan ikan-ikan ramai berenang-renang. Snorkeling di Raja Ampat, menurut rekan-rekan media yang sudah sering melakukannya, sangat berbeda dengan perairan lain.

Ikannya banyak sekali, berwarna warni, gemoy alias gemuk-gemuk, banyak juga ikan berukuran besar, berkerumun, ada yang berkilauan, dan lucunya sangat 'ramah' karena selalu berkerumun mendekati manusia. Di beberapa lokasi, ada juga bayi-bayi hiu yang bisa terlihat. Valen mengatakan aktivitas snorkeling paling terkenal dan sering dikunjungi ada di Yenbuba, Sauwandarek, dan Arborek.

"Banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di Raja Ampat ini, selain Pianemo, bisa ke Teluk Kabui, Marindal View, Friwen, Friwen Wall, Wayag," katanya.

Raja Ampat mulai terkenal pada 2015 di dalam negeri karena Pianemo. Namun sebenarnya, banyak pelancong dari Eropa dan Amerika Serikat yang mengenal wisata Raja Ampat jauh sebelumnya.

Valen mengatakan banyak resort yang dibangun oleh orang-orang bule di pulau Mansuar Kecil. Resort itu cukup eksklusif dan banyak disinggahi wisatawan mancanegara yang ke Raja Ampat untuk wisata elit. Biasanya mereka singgah cukup lama untuk menikmati setiap spot dengan lengang dan tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement