Kamis 14 Sep 2023 16:30 WIB

Ke China, Wapres Ingin Perluas Jangkauan Produk Halal RI

Wapres akan bertemu pemerintah daerah dan para pebisnis sektor halal di China.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wapres Maruf Amin
Foto: dok. istimewa
Wapres Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke China, Kamis (14/9/2023). Dalam kunjungan ke Negeri Tirai Bambu ini, Kiai Ma'ruf memiliki serangkaian agenda terkait produk halal Indonesia.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya menyampaikan, selama beberapa hari Kiai Ma'ruf akan mengunjungi Kota Fuzhou, Nanning, dan Shanghai.

Baca Juga

"Ini sangat penting karena memang Indonesia bercita-cita ingin menjadi negara yang memproduksi barang-barang halal terbesar di dunia. Selama ini Indonesia hanya menjadi pemakai, nanti akan menjadi produsen. Dalam konteks inilah maka Wapres bertemu dengan para pengusaha halal yang ada di Fazou, Provinsi Fujian," kata Masduki menjelaskan.

Di Nanning, Wapres akan menghadiri pertemuan para pengusaha baik dari ASEAN dan dari China. Ini adalah pertemuan yang juga diharapkan melahirkan banyak kesepakatan antara pengusaha-pengusaha China dan Indonesia. Wapres juga akan meresmikan Paviliun Indonesia dalam ekspo.

Mengakhiri rangkaian acara di Nanning pada Ahad sore, Wapres akan melakukan Joint Interview dengan media China. 

Setelahnya, Wapres kemudian menuju Shanghai untuk mengunjungi Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI di Shanghai Al Amin Co. Ltd. Unit 11A, No. 3399, Kangxin Rd. Pudong, Shanghai. Di tempat ini, Kiai Ma'ruf akan melakukan pertemuan dengan jajaran LPPOM MUI dan Pejabat Shanghai Al Amin Co. Ltd.

Lebih dari itu, di Shanghai Wapres juga diagendakan menerima kunjungan kehormatan Pemerintah Daerah Shanghai dan melakukan pertemuan dengan para pengusaha Shanghai yang bergerak di sektor halal.

"Alhamdulillah sampai saat ini mereka sangat aktif dan kabar dari teman-teman LPPOM MUI, volume bisnisnya sangat besar dan semakin membesar," ujar Masduki.

Melalui pertemuan dengan para pengusaha industri halal di Shanghai ini, menurut Masduki, Wapres akan mengajak mereka agar tidak hanya berusaha dan berinvestasi di China tetapi juga di Indonesia.

Mengakhiri agenda kunjungan kerjanya,  Wapres dijadwalkan menghadiri acara Dialog Kebangsaan dengan para diaspora Indonesia di Shanghai. Pada Selasa (19/09/2023) sekitar pukul 14.00 WS, Wapres dan rombongan akan kembali ke Jakarta.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement