REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandiri Utama Finance (MUF) terus melakukan upaya maksimal untuk memperkuat keunggulan posisinya di pasar pembiayaan Indonesia melalui peningkatan standar pelayanan dan berinovasi mengembangkan produk-produknya. Seperti meluncurkan program promo tematik, baik untuk pembiayaan konvensional maupun syariah, yang memberikan berbagai keuntungan setiap bulannya.
Diketahui, sampai Juni 2023 unit MUF telah memiliki 148 unit kantor konvensional dalam bentuk Kantor Cabang (KC) dan Kantor Selain Kantor Cabang (KSKC). MUF juga terus memgembangkan kantor jaringan syariahnya
"MUF telah mengembangkan 152 unit jaringan kantor syariah (channeling) dalam bentuk Kantor Cabang Unit Syariah (KC-US) dan Kantor Selain Kantor Cabang Unit Syariah (KC-US) di seluruh wilayah Indonesia," ujar Direktur Finance and Business Relationship Mandiri Utama Finance, Rully Setiawan, Selasa (25/7/2023).
MUF sebagai perusahaan multifinance terkemuka memiliki keunggulan pembiayaan multi-produk dan multi-channel, baik pembiayaan konvensional maupun pembiayaan syariah. Dalam pembiayaan multi-produk, MUF menawarkan beragam pilihan seperti pembiayaan mobil baru, mobil bekas, motor baru, motor bekas dan fasilitas dana.
"MUF juga menyediakan pembiayaan multi-channel melalui dealer dan showroom rekanan serta mendapat privilege untuk melayani nasabah Bank Mandiri dengan Mandiri Auto/Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Bank Syariah Indonesia (BSI OTO) dan dalam waktu dekat dengan Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) yang akan launching di tahun ini. Hal ini menjadi potensi bisnis MUF yang sangat luas untuk menjadi leader market share multifinance yang memiliki izin unit usaha konvensional dan juga izin unit usaha syariah,” ungkap Rully.
Sampai dengan Juni 2023, realisasi nilai pembiayaan hingga Rp10,1 triliun, yang berujung pada saldo piutang pembiayaan periode yang sama sebesar Rp 28,2 triliun. Tingkat pengembalian ekuitas atau return on equity (ROE) juga mencatat nilai tertinggi sepanjang sejarah perusahaan berdiri, yakni mencapai 47,9 persen.
Keberhasilan ini ditopang oleh instrumen-instrumen seperti produk terlengkap di pasar pembiayaan otomotif baik konvensional maupun syariah, jaringan distribusi yang luas, serta inisiatif digitalisasi MUF berupa MUF Online Auto Show (MOAS) dan MUF Online Assistant (MONA) yang telah dilaksanakan secara konsisten sejak tahun 2020 dan terus berkembang hingga saat ini.