Selasa 20 Jun 2023 17:13 WIB

Guru Sekolah Swasta Sulit Dapat Rumah, BSI Gandeng JSIT Salurkan FLPP

Peran Bank Syariah tidak hanya sekedar berbisnis atau mencari profit.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) dengan Ketua Umum JSIT Indonesia Fahmi Zukarnain.
Foto: Bank Syariah Indonesia
Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) dengan Ketua Umum JSIT Indonesia Fahmi Zukarnain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) menggandeng Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk berkolaborasi menyalurkan pembiayaan perumahan murah dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Program ditujukan untuk para guru di sekolah-sekolah Islam yang tergabung di dalam jaringan JSIT.

Direktur Sales dan Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, perseroan sangat serius mendukung program pemerintah dalam pemenuhan hunian layak bagi seluruh masyarakat. Selain menjalin kerja sama dengan JSIT untuk penyediaan FLPP kepada para guru, perseroan juga telah bekerjasama dengan para developer perumahan.

Baca Juga

Saat ini, perseroan telah menggandeng lebih dari 3.500 developer yang siap melayani masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hunian yang layak. Terlebih, kepemilikan rumah saat ini tidak hanya didominasi oleh rumah tapak melainkan juga bergeser ke apartemen dan rusun.

“Peran Bank Syariah tidak hanya sekedar berbisnis atau mencari profit, melainkan ada tanggung jawab besar untuk membangun keberlangsungan ekonomi dan kesejahteraan umat. Salah satunya dengan membantu penyediaan rumah yang layak dan sesuai dengan kemampuan masyarakat,” tutur Anton, Selasa (20/6/2023).

 

Anton mengemukakan, sebagaimana tahun sebelumnya, tahun ini pun BSI mendapatkan kepercayaan dari Kementerian PUPR untuk menjadi salah satu bank syariah pelaksana program FLPP. Nilai pembiayaan FLPP yang mencapai sekitar Rp 150 juta dengan rata-rata angsuran satu juta per bulan, menjadi daya tarik tersendiri sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah.

Alhamdulillah, tahun ini BSI masih mendapatkan kepercayaan dari Kementerian PUPR menjadi salah satu bank syariah pelaksana program FLPP. Ini merupakan kehormantan sekaligus kesempatan yang baik bagi BSI untuk memberikan kontribusi kepada umat,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat JSIT Indonesia Fahmi Zulkarnain menyebutkan bahwa guru sebagai tulang punggung pembinaan anak bangsa memiliki hak untuk menikmati kesejahteraan, terutama dalam bentuk perumahan. Sayangnya, masih banyak guru yang belum memiliki kemudahan akses untuk mendapatkan perumahan layak.

Menurutnya, guru yang berkarir di sekolah swasta pun kesulitan mendapatkan rumah layak. Fahmi menegaskan komitmen JSIT Indonesia untuk terus menjadi penggerak dan pemberdayaan sekolah Islam untuk kejayaan Indonesia.

“Oleh karena itu, dukungan dari lembaga keuangan seperti BSI sangat dibutuhkan. Kami pun percaya bahwa dengan kerja sama ini, para guru di lingkungan JSIT Indonesia akan mendapatkan peningkatan standar hidup yang lebih layak, sejalan dengan peran mereka sebagai pendidik,” ujar Fahmi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement