Jumat 09 Jun 2023 17:24 WIB

Wapres: Peringkat Sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia Terus Naik

Selain pariwisata halal, pemerintah juga terus mendorong sektor ekonomi syariah lain.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wapres KH Maruf Amin.
Foto: Republika
Wapres KH Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia terus menunjukkan kemajuan. Kiai Ma'ruf menyampaikan Indonesia baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia 2023 menurut standar Global Muslim Travel Index (GMTI), mengungguli 138 destinasi dari seluruh dunia.

Prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berada pada posisi ke-2 dan Malaysia menempati posisi teratas. "Rangking kita di level internasional terus naik, terakhir wisata halal kita itu rangking pertama, seperti tadi yang saya katakan itu sudah di pertama," ujar Kiai Ma\'ruf dalam keterangannya dikutip dari Youtube Wapres, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

Kiai Ma'ruf pun optimistis raihan prestasi juga akan diperoleh sektor ekonomi dan keuangan syariah lainnya. Hal ini karena pemerintah terus menggenjot pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Kita akan nyusul juga yang lain-lain. Di dalam negeri ya kita sendiri memang terus memacu," ujarnya.

Hal ini disampaikan Kiai Ma'ruf saat ditanyai awak media terkait dampak keberadaan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di berbagai daerah. Sampai saat ini Pemerintah Pusat terus mengukuhkan KDEKS di berbagai daerah.

Hingga saat ini terdapat 17 KDEKS yang sudah terbentuk antara lain di Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, NTB, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Lampung, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Bengkulu, Jambi, Maluku Utara dan Kepulauan Riau.

Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) ini menilai, KDEKS turut berkontribusi dalam kemajuan ekonomi dan keuangan syariah di daerah. Hal ini juga nantinya berdampak pada tingkat nasional.

Pemerintah pun kata Kiai Ma'ruf terus memacu geliat ekonomi syariah di daerah salah satunya melalui penghargaan Adinata Syariah yang digelar KNEKS.

"Anugerah itu diberikan kepada masing-masing daerah. Ternyata dari 10 kategori itu sudah banyak yang mulai berkembang ya selain kawasan industri halal, kemudian juga kan Riau juga dapat itu ya, Kepri juga dapat. Kemudian juga soal kawasan halal sehat, industri keuangan, sosial syariah. 10 kategori ternyata antara daerah saling berlomba untuk memperoleh penghargaan itu," ujar Kiai Ma'ruf.

Karena itu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini meyakini dengan semakin banyaknya KDEKS di berbagai daerah akan memacu geliat ekonomi dan keuangan syariah. "Ini momen untuk kita mengukur ternyata kita lihat sudah ada kemajuan-kemajuan itu," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement