Jumat 26 May 2023 15:59 WIB

MES Kalteng Perkenalkan Investasi Syariah pada Siswa SMA

Proses edukasi ekonomi dan menabung di pasar modal syariah perlu dimulai sejak dini.

Literasi pasar modal syariah di kalangan anak SMA dilakukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi.
Foto: Republika/Prayogi
Literasi pasar modal syariah di kalangan anak SMA dilakukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Masyarakat Ekonomi Syariah Provinsi Kalimantan Tengah (MES Kalteng) bersama Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas memperkenalkan investasi dan menabung saham berbasis syariah kepada siswa tingkat sekolah menengah atas (SMA).

"Edukasi ini kami laksanakan dengan sasaran siswa SMAN 2 Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalteng. Diikuti lebih dari 100 peserta," kata Sekretaris Umum MES Kalteng Heru Hidayat di Palangka Paya, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

Dia menambahkan, edukasi ekonomi berbasis syariah itu juga hasil kolaborasi dengan guru agama Islam di sekolah negeri setempat. Melalui edukasi tersebut diharapkan siswa di sekolah setempat semakin mengerti dan memahami perbedaan ekonomi konvensional dan ekonomi berbasis syariah.

Selain itu juga menumbuhkan minat dan semangat para generasi muda untuk terjun langsung pada dunia investasi berbasis syariah. Terutama, melalui media pasar modal syariah dengan menabung saham.

 

"Tanpa menyurutkan para peserta untuk mengikuti materi yang dibawakan secara atraktif dan menyenangkan mengenai ekonomi syariah, pasar modal syariah dan praktik investasi saham syariah melalui aplikasi phintraco sekuritas," katanya.

Melalui kegiatan itu pula diharapkan generasi muda juga turut membumikan atau membudayakan praktik dan perilaku ekonomi berbasis syariah. Siswa SMAN 2 Kasongan, Karysa mengaku proses edukasi ekonomi dan menabung di pasar modal syariah memberikan kesan dan pengalaman tersendiri.

"Kegiatannya sangat seru, pemateri sangat hebat dalam membawa materi. Bisa bekerja sama dengan siswa. Jadi kami bisa dengan mudah memahami materinya," katanya.

Guru Agama Islam SMAN 2 Kasongan, Muhammad Hardy SPd mengaku bangga sekolahnya bisa berkolaborasi dengan tiga institusi besar tersebut.

"Terima kasih atas kolaborasi yang ternyata mendapat sambutan dari siswa untuk turut belajar mengenai ekonomi syariah dan pasar modal syariah serta berharap akan ada kegiatan serupa secara kelanjutan," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement