Kamis 25 May 2023 02:10 WIB

Saudi Cetak Rekor Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Saudi punya target menjadi destinasi wisata utama global.

Terletak lebih dari 90 kilometer barat laut ibu kota Kerajaan, Riyadh, Jebel Fihrayn adalah salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Arab Saudi. Arab Saudi mencatat sekitar 7,8 juta wisatawan mancanegara untuk semua tujuan selama kuartal pertama 2023.
Foto: Wekcome Saudi
Terletak lebih dari 90 kilometer barat laut ibu kota Kerajaan, Riyadh, Jebel Fihrayn adalah salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Arab Saudi. Arab Saudi mencatat sekitar 7,8 juta wisatawan mancanegara untuk semua tujuan selama kuartal pertama 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi mencatat sekitar 7,8 juta wisatawan mancanegara untuk semua tujuan selama kuartal pertama 2023. Capaian ini mewakili kinerja kuartalan tertinggi yang pernah ada yakni tumbuh 64 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Dengan demikian, Saudi menempati posisi kedua di antara daftar negara paling maju di dunia selama periode tersebut, demikian disiarkan Saudi Press Agency (SPA), mengutip data terbaru yang diterima oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United National World Tourism Organization/ UNWTO).

Baca Juga

Menurut laporan UNWTO, Saudi telah membuat lompatan besar dalam peringkat negara-negara yang menerima wisatawan mancanegara terbanyak pada 2022, naik 12 peringkat dan mencapai peringkat ke-13, dibandingkan dengan peringkat ke-25 pada 2019. Kerajaan menerima 16,6 juta wisatawan internasional untuk semua tujuan pada 2022.

Dalam Indeks Pendapatan Pariwisata Internasional, Saudi naik 16 peringkat mencapai peringkat ke-11 pada 2022, dibandingkan dengan peringkat ke-27 pada 2019, menurut laporan Barometer Pariwisata Dunia yang dikeluarkan pada Mei 2023 oleh UNWTO.

 

Selain itu, Saudi telah meraih pencapaian baru dalam Travel and Tourism Development Index (TTDI) yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF). Saudi berhasil naik ke peringkat 33 dunia, melompat sepuluh peringkat sekaligus, dibandingkan 2019.

Merespons hal itu, Menteri Pariwisata Ahmed bin Aqeel Al Khateeb menekankan bahwa pencapaian tersebut mencerminkan tindak lanjut dan minat pemerintahan dalam memperkuat sektor pariwisata. Juga meningkatkan kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto (PDB) sejalan dengan Visi Saudi 2030, demikian dilansir dari TradeArabia, Rabu (24/5/2023).

Al Khateeb pun mengapresiasi capaian tersebut sebagai tambahan atas keberhasilan yang diraih Saudi di berbagai bidang. Capaian ini juga muncul sebagai puncak dari arahan kepemimpinan Kerajaan untuk berupaya memperkuat posisi Saudi dalam peta pariwisata global.

Al Khateeb juga menunjukkan, pengembangan visa dan memfasilitasi prosedur, kampanye promosi di negara-negara yang ditargetkan, serta keragaman pilihan dan tujuan wisata di Kerajaan adalah beberapa alasan atas mencapai pencapaian ini. Ia menegaskan upaya kerja sama kementerian yang sedang berlangsung dengan semua mitra dari sektor publik dan swasta untuk maju dalam mencapai aspirasi kepemimpinan Saudi. Yakni, menjadikan Saudi sebagai tujuan wisata global.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement