Sabtu 20 May 2023 07:10 WIB

Rumah Sakit Syariah, Apa yang Jadi Pembeda Layanannya?

Rumah sakit syariah harus penuhi standar pelayanan dan standar manajemen syariah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Suasana Rumah Sakit Islam Bogor (RSIB), Kota Bogor, Kamis (20/2). RSIB akan bertransformasi menjadi rumah sakit syariah perdana di Kota Bogor pada 2025 nanti.
Foto:

Semuanya berdasarkan sistem jaminan halal (HAS) 23000. Pun, semua dilakukan untuk menyediakan makanan sehat, halal, suci, dan mendatangkan keberkahan bagi pasien.

Selain itu, rumah sakit syariah juga sangat menjaga thaharah (kesucian), baik kesucian pakaian pasien yang diproses secara syariah juga kesucian ruangan pasien, termasuk kamar mandi. Contohnya,  laundry syariah, penggunaan alat pel, dan penggunaan sandal kamar, penerimaan linen (mengambil linen dari ruang pasien), pencucian linen (memastikan linen suci dan bersih), penyetrikaan linen, pengemasan linen (memastikan linen terpasang label halal), dan penggunaan mop pel lantai (menggunakan pel lantai yang berbeda pada area suci dan nonsuci).

Di sisi lain, mengenai standar manajemen syariah, segala bentuk aktivitas manajemen adalah bebas dari riba dan niswah. Seluruh aktivitas transaksi dan kerja sama menggunakan akad syariah. Implementasi kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dipantau dan dimonitori oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement