Senin 15 May 2023 22:11 WIB

Pemilu Turki Pengaruhi Hubungan Bisnis dengan Indonesia?

Turki menempati posisi ke-12 di dunia dan kelima di Eropa dalam hal kapasitas EBT.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) saat meninjau logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah berupa 140 ton bahan makanan dan logistik yang dibutuhkan korban gempa.
Foto:

 

Kerja sama bisnis

Terbaru saat Delegasi B20 dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia menggelar rangkaian kunjungan ke Turki pada 2022. Adapun kunjungan ini merupakan bagian dalam rangkaian B20 sebagai forum bisnis negara anggota G20 dalam kerangka Presidensi G20 Indonesia 2022.

Roadshow delegasi B20 Indonesia berupaya untuk menyampaikan mengenai tujuan Presidensi B20-G20 Indonesia dan bagaimana peran bisnis Indonesia dalam memulihkan serta menggerakkan perekonomian global. Pada rangkaian jamuan bisnis pertama, delegasi bertemu dengan Sinan Cin, Managing Partner BD4ASIA dan Executive Board Member Turkish Indonesian Business Council (DEIK). Pertemuan ini mewakili Turki ENKA yang bergerak bidang pengembangan real estate.

DEIK telah berdiri sejak 1995 di bawah payung Turkiye-Asia Pacific Business Councils. Pada 2019, DEIK menggelar Forum Bisnis Indonesia-Turki yang menekankan pentingnya Turki sebagai negara sumber komoditas berkualitas tinggi.

Dalam pertemuan ini, Kadin Indonesia mengusulkan Business Services Desk untuk membantu riset pasar dan merekomendasikan sejumlah perusahaan terpilih di Indonesia yang memiliki potensi besar bekerja sama dengan DEIK.

 

Kerja sama energi

Selanjutnya, delegasi kemudian mengadakan pertemuan dengan Ebru Dicle, Sekretaris Jenderal TUSIAD, yang merupakan asosiasi para pengusaha di Turki dan dilanjutkan di kantor Karpowership (Karadeniz Holding), perusahaan terkemuka dunia sektor energi yang beroperasi di 20 negara termasuk Indonesia.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement