Senin 17 Apr 2023 18:43 WIB

CIMB Niaga Syariah: Tren Ziswaf Selama Ramadhan Meningkat 70 Persen

Selama Ramadhan nilai pembiayaan syariah juga melonjak kisaran 20 persen.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Nasabah melakukan pembayaran zakat menggunakan Super App OCTO Mobile di Jakarta, Senin (3/4/2023). Di bulan Ramadan, CIMB Niaga Syariah mengoptimalkan fitur pembayaran Zakat dan Kebajikan dari OCTO Mobile untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) guna disalurkan kepada  para mustahik (penerima ZIS). Dengan tampilan yang baru, bayar zakat semakin mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
Foto: Republika/Prayogi.
Nasabah melakukan pembayaran zakat menggunakan Super App OCTO Mobile di Jakarta, Senin (3/4/2023). Di bulan Ramadan, CIMB Niaga Syariah mengoptimalkan fitur pembayaran Zakat dan Kebajikan dari OCTO Mobile untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) guna disalurkan kepada para mustahik (penerima ZIS). Dengan tampilan yang baru, bayar zakat semakin mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P Djajanegara mengungkapkan, selama bulan Ramadhan terjadi peningkatan pembayaran zakat infak dan sedekah (ZIS) hingga 70 persen melalui channel CIMB Niaga Syariah. Selama bulan Ramadhan, CIMB Niaga Syariah memang mengoptimalkan fitur pembayaran Zakat dan Kebajikan dari OCTO Mobile untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berdonasi ZIS kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) guna disalurkan kepada para mustahik.

"Tren Ziswaf yang diterima melalui channel CIMB Niaga Syariah seperti Octomobile dan Octoclicks di bulan Ramadhan tahun ini meningkat 70 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tren ini sebagaimana yang terjadi pada 2022 lalu," ungkap Pandji kepada Republika, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Pandji menuturkan, selama Ramadhan angka untuk ZIS memang cenderung melonjak pesat. Terlebih, dengan tampilan yang baru, bayar zakat semakin mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Sebelumnya, Pandji mengatakan saat ini platform digital dan elektronik semakin banyak digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi, termasuk berdonasi. Dengan mengadopsi platform digital diharapkan penghimpunan dan penyaluran donasi akan lebih optimal.

Tak hanya pada ZIS, selama Ramadhan dan Lebaran kebutuhan pembiayaan syariah konsumer juga mengalami tren peningkatan. Pembiayan syariah consumer tersebut seperti pembiayaan KPR Syariah, pembiayaan Kartu Syariah (kartu kredit syariah), dan Personal Financing Syariah.

Selama Ramadhan nilai pembiayaan syariah melonjak kisaran 20 persen. Hal ini lantaran CIMB Niaga Syariah menyediakan beragam promo dan program menarik bagi nasabah.

Selama kuartal pertama 2023, pembiayaan CIMB Niaga Syariah yang paling banyak digunakan nasabah adalah pembiayaan KPR Syariah dan pembiayaan kartu Syariah untuk segmen pembiayaan konsumer. Sementara untuk segmen pembiayaan Business Banking terjadi pada pembiayaan korporasi dan pembiayaan komersial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement