Rabu 22 Feb 2023 12:10 WIB

Membangkitkan Pariwisata Sumsel Melalui Penguatan Destinasi Baru

Sumsel menggencarkan promosi untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya.

Warga berfoto di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (7/1/2022). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan pada 2023 ini berupaya lebih menggalakkan promosi potensi wisata daerah untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya berkunjung ke provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.
Foto: ANTARA/Feny Selly
Warga berfoto di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (7/1/2022). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan pada 2023 ini berupaya lebih menggalakkan promosi potensi wisata daerah untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya berkunjung ke provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

REPUBLIKA.CO.ID, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan pada 2023 ini berupaya lebih menggalakkan promosi potensi wisata daerah untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya berkunjung ke provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Untuk membangkitkan industri pariwisata di Sumatra Selatan (Sumsel) yang sempat terpuruk sejak Maret 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19, dalam kondisi sudah tidak ada lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan siap masa endemi, perlu digalakkan promosi melalui berbagai cara.

Baca Juga

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal menjelaskan, pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu berupaya meningkatkan kegiatan promosi pariwisata unggulan daerah. Sehingga dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung seperti sebelum pandemi Covid-19, bahkan lebih banyak lagi.

"Masing-masing daerah di 17 kabupaten/kota di wilayah Sumsel memiliki keunggulan pariwisata, potensi tersebut perlu gencar dipromosikan agar bisa menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk mengunjunginya," ujar Aufa.

Keindahan alam, keunikan budaya dan makanan khas daerah perlu terus dipromosikan sehingga bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi dan menikmatinya. Di Kota Palembang misalnya, terdapat potensi wisata air Sungai Musi dengan sejumlah bangunan bersejarah di sekitarnya seperti Benteng Kuto Besak (BKB) dan Jembatan Amperayang menjadi destinasi wisata paling diminati wisatawan.

Kemudian, Kota Pagaralam dengan keindahan alam pegunungannya, Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan peninggalan prasejarahnya, Kota Lubuklinggau memiliki objek wisata air terjun, serta keunggulan pariwisata, seni, dan budaya daerah lainnya yang jika dipromosikan terus-menerus akan menarik minat orang untuk mengunjunginya.

Kegiatan promosi potensi wisata tersebut harus mulai gencar dilakukan pada awal tahun ini, sehingga wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air dan luar negeri yang merencanakan perjalanan wisata memasukkan wilayah Sumsel menjadi salah satu daerah yang dilirik untuk dikunjungi. Wisatawan yang akan berkunjung ke Sumsel dapat mengakses informasi mengenai destinasi wisata daerah ini melalui aplikasi Genta Informatif Wisata Andalan, Nyaman dan Gempita (Giwang) yang diluncurkan pada pertengahan 2021.

Provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini memiliki banyak potensi wisata alam, budaya, sejarah dan wisata kuliner. Potensi wisata tersebut perlu terus dipromosikan sehingga bisa dikenal secara luas dan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Melalui aplikasi Giwang, masyarakat atau wisatawan lokal dan mancanegara bisa mengakses semua informasi potensi wisata di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel.

 

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement