Sabtu 27 Jul 2024 19:06 WIB

Transformasi Desa Simbaretno 01, Kisah Sukses Pendampingan BTPN Syariah

BTPN Syariah memberikan kemudahan bagi ibu-ibu nasabah dalam mendapatkan pembiayaan.

Waliyah semakin berdaya dengan pendampingan BTPN Syariah yang dilakukan melalui kumpulan setiap dua minggu sekali.
Foto: BTPN Syariah
Waliyah semakin berdaya dengan pendampingan BTPN Syariah yang dilakukan melalui kumpulan setiap dua minggu sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melayani nasabah inklusi memerlukan pendampingan yang terukur dan keberlanjutan. Pendampingan inilah yang telah diberikan oleh BTPN Syariah kepada masyarakat inklusi, bahkan sebelum mereka menjadi nasabah. Hal ini dilakukan karena BTPN Syariah bertekad mewujudkan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti.

BTPN Syariah melayani masyarakat inklusi melalui kumpulan yang dilakukan setiap dua minggu sekali. Dalam kumpulan, masyarakat inklusi tidak hanya diberikan akses keuangan seperti pencairan pembiayaan dan mengangsur, melainkan juga akses pengetahuan. Dengan demikian, masyarakat inklusi juga senantiasa mendapatkan pengetahuan untuk terus tumbuh dan memiliki kehidupan yang berarti.

Baca Juga

"Kumpulan menjadi wadah BTPN Syariah dalam memberdayakan dan mendampingi masyarakat inklusi, yaitu ibu-ibu di Lampung, sehingga mampu membangun empat perilaku unggul, yakni Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS),” ungkap Kepala Pembiayaan Area Lampung BTPN Syariah, Danny Indrayana di sela-sela agenda gathering senior redaksi di Lampung, Rabu (24/7/2024).

Kumpulan ini tidak hanya membuat ibu-ibu mampu mengembangkan usahanya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar. Waliyah, salah satu nasabah BTPN Syariah sekaligus Ketua Sentra Simbaretno 01 dan warga di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung yang sudah menjadi nasabah BTPN Syariah sejak 2016.

"Saya mendapatkan manfaat dengan adanya kumpulan karena tidak merasa berjuang sendiri, tapi bersama-sama dan saling menginspirasi satu sama lain. Jadi, bukan hanya tahu cara mengelola keuangan agar dapat mengangsur tepat waktu, tapi juga mendapatkan pengetahuan dan pendampingan dan pendampingan," ujar Waliyah.

Selain itu, Waliyah mengatakan BTPN Syariah memberikan kemudahan bagi ibu-ibu nasabah dalam mendapatkan pembiayaan. Pendampingan yang dilakukan melalui kumpulan juga membuat ibu-ibu nasabah memiliki empat perilaku unggul, yakni Berani, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS).

“Pelayanan yang diberikan BTPN Syariah memudahkan saya mendapatkan modal usaha, petugasnya ramah, dan sistem kumpulan yang dilakukan setiap dua minggu sekali membuat usaha ibu-ibu nasabah tumbuh dan berdaya,” kata Waliyah.

Bermula dari pembiayaan Rp 2 juta, Waliyah percaya diri membangun usaha produksi kain tapis. Kini, usaha Waliyah semakin berkembang dan pembiayaan dari BTPN Syariah juga terus meningkat hingga Rp 10 juta.

Dengan kerja keras dan ketekunan Waliyah, ia tak hanya mampu mencetak omzet Rp 700 ribu per minggu, melainkan juga menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar. Saat ini, Waliyah memiliki 20 karyawan yang membantunya dalam memproduksi beberapa pernak-pernik dari kain tapis, mulai dari sarung, selendang, peci, hingga tas. Seperti diketahui, kain tapis adalah salah satu kerajinan tradisional khas Lampung yang dibuat dari benang emas atau perak.

Corporate & Marketing Communication Head Ainul Yaqin mengatakan BTPN Syariah merupakan satu-satunya bank syariah yang fokus memberdayakan masyarakat inklusi. Di sini, BTPN Syariah memberikan akses keuangan dengan menyediakan layanan perbankan yang tepat dan adaptif, dan juga akses pengetahuan dengan memberikan program pemberdayaan yang berguna untuk mengembangkan usaha dan mencapai kehidupan yang lebih berarti.

"Untuk mendapatkan akses tersebut, ibu-ibu harus mengikuti kumpulan dua minggu sekali dan membangun solidaritas antar anggota," jelas Ainul.

Sebagai informasi, hingga semester I 2024, BTPN Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 494 miliar kepada lebih dari 123 ribu nasabah di Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement