Selasa 30 Apr 2024 17:31 WIB

BI Dorong Jangkauan Manfaat IsDB di Berbagai Negara Anggota

BI bersama seluruh negara anggota berkomitmen mendukung IsDB.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo Bank Indonesia.
Foto: Antara
Logo Bank Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) berkomitmen mendorong jangkauan manfaat Islamic Development Bank (IsDB) di berbagai negara anggota. Sebagai bagian dari langkah istiqamah mendorong pembangunan ekonomi nasional melalui penguatan sistem keuangan syariah, BI bersama seluruh negara anggota berkomitmen mendukung IsDB untuk memperluas jangkauan dan kapasitas pembiayaan IsDB terutama bagi less-developed country

Berdasarkan rilis BI pada Selasa (29/4/2024), IsDB akan memiliki kapasitas yang lebih besar untuk dapat mengakselerasi kerja sama strategis di bidang program pengembangan ekonomi di berbagai negara. Termasuk di dalamnya Indonesia.

Baca Juga

Hal tersebut mengemuka dalam rangkaian Annual Meeting IsDB ke-50 yang diselenggarakan pada 27-30 April 2024 di Riyadh, Arab Saudi. Kehadiran Gubernur BI Perry Warjiyo sebagai bagian Board of Governor (BoG) menandai eratnya kerja sama strategis IsDB yang sudah berjalan di Indonesia.

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan program strategis IsDB di Indonesia meliputi pembiayaan pembangunan infrastruktur khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan, serta pengembangan standar tata kelola Islamic social finance secara global. Begitu juga dengan pengembangan program di bidang sektor keuangan syariah sosial, termasuk implementasi teknologi digital.

Salah satu wujud konkret kolaborasi antara BI dengan IsDB dalam memperluas kemanfaatan di negara anggota telah tercermin pada pengembangan platform keuangan sosial syariah terintegrasi. Platform tersebut diharapkan dapat mendorong pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) dengan nominal yang lebih besar serta jangkauan yang lebih luas. 

Selain mendorong kuantitas, platform tersebut diyakini turut meningkatkan kualitas, akuntabilitas, serta transparansi pengelolaan sehingga memperkuat kepercayaan para donator. Upaya bersama tersebut diharapkan mampu memperluas dampak positif bagi perkembangan ekonomi keuangan syariah yang maju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement