Selasa 23 Apr 2024 17:20 WIB

Lebaran Fair Raih Transaksi Ratusan Miliar dan Ribuan Pengunjung

Meski perdana, antusiasme masyarakat tinggi untuk datang ke Lebaran Fair.

Pengunjung memadati pusat perbelanjaan pakaian (ilustrasi).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung memadati pusat perbelanjaan pakaian (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agenda Jakarta Lebaran Fair (JLF) 2024 pada 3-21 April di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat berhasil meraih total transaksi ratusan miliar dengan 350 ribu pengunjung.

"Untuk total transaksi, tercatat angkanya sudah di atas Rp 250 miliar. Tapi kalau saya perkirakan, itu angkanya akan ditutup di Rp 400 miliar–Rp 450 miliar. Ini juga akan kita genjot terus di tahun depan. Ada ratusan ribu pengunjung yang datang," kata Marketing Director JIEXPO Ralph Scheneumann saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga

Ralph menyebut, penyelenggaraan Jakarta Lebaran Fair tahun ini terbilang sukses. Meski merupakan agenda perdana tetapi masyarakat antusias dan terbukti yang datang saat Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, hingga hari-hari berikutnya, cukup tinggi.

"Sebagai agenda pertama, bisa kita bilang Jakarta Lebaran Fair ini tergolong sukses. Memang kalau dibandingkan dengan Jakarta Fair masih jauh, tapi ini cikal bakalnya suatu pameran yang akan berkembang besar tiga sampai lima tahun mendatang," ujar Ralph.

Selain itu, keyakinan Ralph dibarengi seiring meningkatnya permintaan dari para peserta pameran (tenant) untuk tampil di Jakarta Lebaran Fair. Kegiatan tahun ini pun menjadi momen untuk mengenalkan JLF kepada khalayak luas.

"Saya pribadi percaya bahwa dari sisi tenant tahun depan akan naik 20–30 persen karena permintaan dari mereka sudah cukup banyak. JLF sekarang ini, masyarakat sudah lebih tahu lagi untuk tahun berikutnya," ujar Ralph.

Terkait jumlah pengunjung, Ralph merinci ada belasan ribu pengunjung saat hari kerja (weekdays) dan puluhan ribu orang saat akhir pekan atau hari libur (weekend).

Sebelumnya, Ralph mengatakan JLF diadakan karena melihat banyaknya permintaan dari masyarakat untuk mengadakan acara di Ramadhan. "Ajang ini dapat menjadi destinasi favorit libur Lebaran bagi masyarakat Jakarta dan juga dari daerah lain," kata Ralph saat konferensi pers di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).

Berbeda dengan Jakarta Fair, JLF hanya akan digelar di Hall A, B, C dan area luar ruang. Pada Senin-Jumat, JLF akan buka pukul 15.00-22.00 WIB, sedangkan Sabtu, Minggu dan periode libur Lebaran JLF buka pukul 11.00-23.00 WIB.

Namun, terdapat jam operasional pada malam takbiran yakni pukul 11.00-18.00 WIB dan Lebaran hari pertama 14.00-23.00 WIB. Sama seperti Jakarta Fair, para pengunjung tetap dapat menikmati bazar otomotif, gawai, komputer, alat olahraga, fesyen dan garmen, peralatan rumah tangga, furnitur, barang-barang elektronik, kuliner, kerajinan tangan, herbal dan pengobatan, hingga kosmetik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement