Senin 18 Mar 2024 21:30 WIB

Meriahkan Ramadhan, BSI Serahkan Zakat dan Siap Gelar Program Mudik Gratis

BSI juga akan memberikan santunan kepada 3.333 Anak Yatim di berbagai wilayah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi (kanan) menyerahkan secara simbolis zakat perusahaan BSI kepada Ketua Baznas RI Noor Achmad di Istana Negara, Rabu (13/3/2024).
Foto: Dok Republika
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi (kanan) menyerahkan secara simbolis zakat perusahaan BSI kepada Ketua Baznas RI Noor Achmad di Istana Negara, Rabu (13/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Indonesia (BSI) menyerahkan Rp 222,7 miliar zakat perusahaan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara pada Ramadhan tahun ini. Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi mengatakan, bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang baik bagi BSI untuk menunjukkan rasa syukur atas berbagai capaian positif. 

"Dari total zakat tahun 2023 yang disalurkan, Rp189,7 miliar merupakan zakat dari laba perusahaan dan Rp 33 miliar adalah zakat pegawai. Dengan angka tersebut, BSI kembali menjadi perusahaan dengan volume zakat terbesar di Indonesia," kata Hery Gunardi di Jakarta, Senin (18/3/2024).  

Baca Juga

Adapun zakat BSI yang diserahkan melalui BAZNAS pada tahun lalu, telah disalurkan ke sejumlah program dengan penerima manfaat sebanyak 33.269 orang. Program penyaluran zakat BSI terbagi ke dalam beberapa bidang kegiatan. Salah satunya, bidang pendidikan dengan program seperti BSI Scholarship, Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), dan Beasiswa Tahfidz. 

Selain penyerahan zakat, pada Ramadhan 1445 H ini, BSI juga akan memberikan santunan kepada 3.333 Anak Yatim di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah tersebut merupakan simbolisasi dari usia BSI yang pada bulan Februari lalu, merayakan miladnya yang ketiga. 

"Kami berharap santuan tersebut bisa membantu memberikan kebahagiaan bagi anak-anak yatim di Ramadhan ini. Santunan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan BSI selama Ramadhan 1445 Hijriah dengan tema Level Up Ramadhan bersama BSI,” kata Hery.  

Sebagaimana diketahui, performa impresif BSI mampu menjadikan perseroan masuk ke jajaran Top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar. Harga saham BSI yang bersandi BRIS, melesat sehingga mendorong market cap perseroan menembus Rp131,47 triliun.  Raihan tersebut lebih cepat dari target perseroan mencapai Top 10 Global Islamic Bank berdasarkan market cap pada tahun 2025. 

Hadir dalam kesempatan yang sama Direktur Manajemen Risiko  yang juga bertindak sebagai Ketua Kegiatan Ramadhan BSI, Grandhis Helmi Harumansyah. Dia menyampaikan, pada  Ramadhan 1445 H, BSI juga membuat Roadshow Gema Ramadan BSI di sejumlah masjid di beberapa kota di Indonesia.

Masjid yang menjadi lokasi roadshow tersebut antara lain Masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat, Masjid Darussalam Cibubur, Masjid Al Jabbar Bandung, Masjid Al Falah Surabaya dan Masjid-masjid lain di wilayah Jawa Tengah.  Selain itu, BSI juga melakukan kegiatan Tarhib Ramadhan di lima masjid di Banda Aceh, Medan, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin.  

“Menjelang Idul Fitri, kami juga berencana menggelar Mudik Asyik Bersama BUMN bagi para penyandang disabilitas serta pegawai dasar yang akan dilaksanakan pada akhir Ramadhan dengan moda transportasi bus yang bekerja sama dengan DAMRI sebagai bentuk sinergi bersama BUMN,” tutur Grandhis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement