Sabtu 09 Mar 2024 21:30 WIB

Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Dijadwalkan Datang ke Lombok

Maret 2024 menjadi jadwal terpadat untuk kedatangan kapal pesiar di Lombok Barat.

Kapal pesiar MV. Albatros berbendera Bahamas bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Senin (9/3/2020).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Kapal pesiar MV. Albatros berbendera Bahamas bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Senin (9/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan ribuan wisatawan menggunakan kapal pesiar dijadwalkan datang ke Lombok melalui Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar pada pertengahan Maret 2024.

"Hari ini kapal pesiar Seaborn Oddysey sandar di Pelabuhan Gilimas dan kapal pesiar ini sandar tanggal 11, 13 dan 19 Maret 2024," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Fajar Taufik, di Mataram, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, Maret 2024 menjadi jadwal terpadat untuk kedatangan kapal pesiar di Lombok Barat. Sebelumnya juga kapal pesiar dari Bahamas, Ambience bersandar di Pelabuhan Gilimas dengan membawa 1.000 penumpang dan 450 kru.

Wisatawan tersebut dijadwalkan untuk mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata yang ada di Lombok Barat. Zeperti Taman Lingsar, Taman Narmada, Pasar Seni Sesela, dan Senggigi serta destinasi wisata di Mandalika.

"Dari Januari hingga saat ini setidaknya ada 6 kapal pesiar yang bersandar dari total 25 kapal pesiar yang direncanakan bersandar di pelabuhan Gilimas," kata Fajar pula.

Ia berharap kedatangan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan khususnya pelaku pariwisata dan UMKM untuk meningkatkan pendapatan. "Tentu dimanfaatkan dengan cara yang positif ya, agar citra pariwisata tetap terjaga," ungkapnya.

Untuk destinasi wisata yang dikunjungi, Fajar mengaku sudah bertemu dengan operator tur untuk menawarkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok Barat. "Karena jam kunjungan kapalnya relatif singkat, jadi pas sekali jika kami tawarkan tempat-tempat wisata yang ada di Lombok atau yang cukup terjangkau," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement