Rabu 06 Mar 2024 07:30 WIB

Penyaluran ZIS Bantu Pemkot Ternate Tekan Jumlah Warga Miskin

Penanganan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi semua pihak.

Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Penyaluran zakat, infak, dan sedekah (ZIS) secara tepat membantu Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dalam menekan jumlah warga miskin di sana.

"Penyaluran ZIS secara tepat akan membantu Pemerintah Kota Ternate secara signifikan memperkecil jumlah warga kurang mampu di Kota Ternate," kata Sekretaris Daerah Kota Ternate Rizal Marsaol di Masjid Agung Almunawar Ternate, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu terkait pencanangan daerah setempat sebagai "Kota Zakat" yang digagas Badan Amil Zakat Nasionial (Baznas) Kota Ternate dan Kantor Kementerian Agama Kota Ternate dengan inisiasi Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman.

Pencanangan Ternate sebagai "Kota Zakat" ditandai dengan penyerahan bantuan dana kepada para penerima manfaat zakat, para imam dan badan sara’a masjid dan mushala, serta keluarga miskin di daerah itu. Pemkot Ternate mendukung berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan, penanganan masalah kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga membutuhkan keterlibatan semua pihak. Pemkot memberikan apresiasi kepada Baznas Kota Ternate karena telah melaksanakan program-program yang menunjang program pemerintah daerah itu dalam menyejahterakan warga.

Kata Rizal, pemerintah tidak saja membangun infrastruktur tapi juga senantiasa memperhatikan kesejahteraan warga kota. Karena itu seluruh masyarakat Kota Ternate harus mendukung program Ternate 'Kota Zakat'.

Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate Salmin Abdul Kadir mengemukakan, implementasi ZIS membangun kebersamaan dan solidaritas antarumat dan sesama warga. Pencanangan Ternate "Kota Zakat", salah satu bentuk implementasi tugas Baznas, di mana pemanfaatan potensi besar ZIS harus didorong dan didukung seluruh komponen daerah, agar semakin banyak warga bisa dibantu kehidupannya.

Ia berharap, pencanangan ini membuat Baznas dan Pemkot Ternate semakin leluasa dalam membantu warga, tidak saja masyarakat Muslim tetapi juga warga beragama lain.

Ketua Baznas Kota Ternate Adam Ma’rus menyebut tahun lalu Baznas setempat berhasil menghimpun dana umat mencapai Rp 4,9 miliar atau naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang Rp 4,6 miliar. Ia berharap adanya peningkatan signifikan pengumpulan ZIS tahun ini dan yang akan datang dengan adanya program Ternate "Kota Zakat".

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement