Senin 04 Mar 2024 23:00 WIB

Balap Sepeda Tour De Sabang Kembangkan Potensi Wisata Olahraga

Dengan alam yang bagus, Sabang cocok untuk lomba olahraga balap sepeda dan renang.

Peserta memacu kecepatan menuju garis finis saat mengikuti lomba renang Open Water Swimming Sabang Marine Festival 2023 di Teluk Kota Sabang, Aceh, Sabtu (18/3/2023).
Foto: Antara/Khalis Surry
Peserta memacu kecepatan menuju garis finis saat mengikuti lomba renang Open Water Swimming Sabang Marine Festival 2023 di Teluk Kota Sabang, Aceh, Sabtu (18/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SABANG -- Pemerintah Kota Sabang, Aceh terus berupaya mengembangkan potensi destinasi wisata olahraga (sport tourism) di daerah Pulau Weh itu, salah satunya melalui Tour De Sabang.  Balap sepeda itu digelar dalam rangkaian Sabang Marine Festival 2024.

"Alam Kota Sabang sangat cocok untuk dijadikan sport tourism," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Baca Juga

Ia menjelaskan, kolaborasi penyelenggaraan Tour De Sabang dengan Sabang Marine Festival, menjadi kerja sama yang sangat baik untuk mengundang para wisatawan ke Sabang. 

Terdapat 125 pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia hadir di Pulau Weh dalam Tour De Sabang akhir pekan lalu. Mereka menjajal trek dengan panorama laut dan pegunungan dengan jarak 31,9 kilometer menuju garis finish di Tugu Kilometer Nol Indonesia.

 

Reza berharap agenda pariwisata Tour De Sabang tersebut dapat terus berlanjut, dan bahkan bisa menjadi ajang tahunan.

Selain Sabang Marine Festival yang menampilkan beragam budaya, kata dia, Sabang juga sangat cocok untuk pengembangan perlombaan olahraga. Seperti balap sepeda, renang dan lainnya, yang didukung dengan arena dan alam yang bagus.

"Kota Sabang siap untuk melaksanakan event-event atau pertandingan yang sifatnya nasional maupun internasional, disini kami memiliki fasilitas dan infrastruktur alam yang sangat indah ditambah dengan akomodasi yang sangat memadai, kami merasa sangat siap untuk menyambut event sport tourism," ujarnya.

Apalagi, kata dia, Sabang juga akan menjadi salah daerah yang menyediakan arena perlombaan untuk beberapa cabang olahraga pada PON XXI Aceh-Sumut pada September 2024 mendatang.

"Kami disini sangat siap untuk menyambut para atlet yang bertanding maupun tamu-tamu yang datang pada saat PON nanti," ujar Reza.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement