Jumat 09 Feb 2024 17:28 WIB

ASDP Tambah Trip Kapal Layani Wisatawan ke Sabang Saat Libur Panjang

Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang.

Kapal Roro KMP BRR mengangkut penumpang menuju Pulau Sabang meninggalkan Pelabuhan Ulee Ulheue, Banda Aceh, Aceh, Senin (1/1/2024). Koordinator pelabuhan penyeberangan di daerah itu mencatat arus balik penumpang kapal selama liburan natal dan tahun baru 2024 dari dan ke Pulau Sabang, mengalami peningkatan terhitung sejakl 19-31 Desember 2023 mencapai kisaran 38.500 orang, sedangkan kendaraan roda dua mencapai  6.000 unit dan roda empat 2.350 unit .
Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Kapal Roro KMP BRR mengangkut penumpang menuju Pulau Sabang meninggalkan Pelabuhan Ulee Ulheue, Banda Aceh, Aceh, Senin (1/1/2024). Koordinator pelabuhan penyeberangan di daerah itu mencatat arus balik penumpang kapal selama liburan natal dan tahun baru 2024 dari dan ke Pulau Sabang, mengalami peningkatan terhitung sejakl 19-31 Desember 2023 mencapai kisaran 38.500 orang, sedangkan kendaraan roda dua mencapai 6.000 unit dan roda empat 2.350 unit .

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah frekuensi penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan sebaliknya hingga lima trip untuk melayani peningkatan penumpang yang berwisata ke Sabang selama libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah, Jumat, mengatakan peningkatan penumpang ke Pulau Weh Sabang mulai terjadi sejak Kamis (8/2) , dan diprediksikan bertahan hingga Ahad (10/2).

Baca Juga

“Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang,” kata Rudy di Banda Aceh.

ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal untuk melayani wisatawan saat libur panjang tersebut, dengan rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh - Pelabuhan Balohan Sabang dan sebaliknya.

 

Dua kapal tersebut yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas penumpang 340 orang dan KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Rudy menjelaskan penambahan trip penyeberangan dimulai pada Kamis (8/2) kemarin, dari tiga trip secara normal bertambah dua trip sehingga total menjadi lima trip dari masing-masing kapal.

"Untuk hari Jumat sampai dengan Minggu (9-11 Februari) direncanakan penambahan satu trip, dari normal tiga trip per hari menjadi empat trip dari setiap kapal," katanya.

Sejauh ini, lanjut Rudy, arus penyeberangan ke Sabang berjalan lancar. Kondisi cuaca masih relatif aman untuk pelayaran. Kendati demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mendapatkan perkembangan terbaru terkait cuaca.

"Sampai saat ini untuk angkutan kendaraan masih lancar. Namun ada beberapa kendaraan yang memilih menginap di Banda Aceh daripada menyeberang ke Sabang pada malam hari karena belum mendapatkan kepastian untuk hotel (di Sabang, red)," ujarnya.

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement