Jumat 08 Dec 2023 16:20 WIB

ITDC Kejar Target Penghijauan di Sekitar Kawasan Sirkuit Mandalika

ITDC menargetkan program ini dapat terealisasi dalam periode empat bulan ke depan.

Sejumlah pengunjung berada di bukit 360 Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (11/5/2022).
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Sejumlah pengunjung berada di bukit 360 Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (11/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Perseroan Terbatas Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengejar target penghijauan di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Jadi, selain bergerak di bidang infrastruktur, kegiatan, dan investasi, kami juga fokus menjaga kelestarian alam. Sesuai konsep eco friendly, kami dari ITDC berkomitmen menciptakan lingkungan hijau di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika melalui program penanaman pohon peneduh," kata General Manager ITDC Molin Duwanno di Lombok Tengah, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, ITDC menargetkan program ini dapat terealisasi dalam periode empat bulan ke depan. Apalagi, saat ini musim hujan sudah mulai terjadi sejak awal Desember 2023.

"Jadi, momentum ini sangat baik untuk kami lakukan penanaman karena kita ketahui bahwa 4 bulan ke depan ini masuk dalam musim hujan. Tentu, musim hujan ini harus dimanfaatkan untuk menanam karena dapat membantu percepatan pertumbuhan tanaman," ujarnya.

 

Bahkan, untuk mendukung percepatan program penanaman pohon peneduh di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, jelas dia, ITDC berinisiatif menanam bibit pohon dengan ketinggian batang rata-rata mencapai 3 meter. "Jenis bibit pohon yang kami tanam juga menyesuaikan dengan karakteristik lahan, seperti Waru, dan Camplung," kata dia.

Dia mengatakan ITDC menyadari bahwa keberadaan pohon peneduh di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika masih kurang. Apabila program ini tercapai, kata dia, tentu akan menjadi investasi jangka panjang dan banyak memberikan manfaat bagi keberlangsungan pariwisata di kawasan Sirkuit Mandalika.

"Program penanaman pohon ini juga sejalan dengan konsep sapta pesona pariwisata Indonesia, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Jadi, dengan menanam pohon dapat menciptakan keindahan. Dengan menanam pohon, kawasan ini juga akan menjadi sejuk," kata Molin.

Meskipun telah memaparkan rencana pelaksanaan program ini dengan penuh kemantapan, namun dia mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh pihak.

Seperti inisiasi yang datang dari Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Agus Bhakti beserta jajaran dengan menggelar kegiatan penanaman 500 bibit pohon jenis tanaman keras di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. "Tentu, kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI ini sejalan dengan program kami dan kami dari ITDC mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasinya," ujar dia.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement