Jumat 01 Dec 2023 00:20 WIB

IPB Luncurkan Program Wakaf Deposito Bantu Biaya Kuliah Mahasiswa

Ini ialah pogram wakaf uang sementara melalui skema deposito Cash Waqf Linked Deposit

Suasana Museum dan Galeri IPB Future di kompleks IPB University Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (27/9/2023). Museum ini menampilkan bagaimana perkembangan IPB University dari masa ke masa.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Suasana Museum dan Galeri IPB Future di kompleks IPB University Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (27/9/2023). Museum ini menampilkan bagaimana perkembangan IPB University dari masa ke masa.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) University bersama Himpunan Alumni (HA) IPB membuat program deposito wakaf untuk membantu biaya Pendidikan bagi para mahasiswa IPB yang kurang mampu dari sisa bagi hasilnya.

Kepala Badan Pengelola Bisnis, Investasi dan Wakaf IPB Naufal Mahfudz di Kota Bogor, Kamis (30/11/2023) mengatakan Program Deposito Wakaf BSI Seri NAZHIR IPB-BSI-01-ALUMNI IPB merupakan program wakaf uang sementara melalui skema deposito Cash Waqf Linked Deposit (CWLD).

Baca Juga

"Program ini telah diluncurkan saat reuni akbar alumni IPB di Sentul. Kami di IPB, baik anak perusahaan, pengusaha yang berstatus sebagai alumni IPB ingin memberikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan Indonesia di kampus kami. Membantu mahasiswa kurang mampu," ungkapnya.

Naufal menjelaskan, program wakaf ini hasil kolaborasi IPB University, Nazhir IPB (BP Biswaf) dengan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI).

 

Ditargetkan, kata dia, pengumpulan wakaf uang sebesar mencapai Rp100 mililar dengan target penerima bantuan dari bagi hasilnya adalah 500 mahasiswa IPB.

Program Deposito ini inovasi keuangan sosial syariah pertama di Indonesia berkonsep CWLD dengan masa penawaran dimulai pada tanggal 25 November 2023 sampai dengan Januari 2024.

Para nasabah wakaf deposito seri program NAZHIR IPB-BSI-01-ALUMNI IPB mendapatkan dalam setahun dan nisbah bagi hasil akan disalurkan pada program beasiswa untuk mahasiswa IPB.

Saat ini, kata Naufal, telah ada masuk wakaf deposito dari pertemuan alumni dalam reuni akbar beberapa waktu lalu sebanyak Rp1 miliar.

Ia menjelaskan, kerja sama program Deposito Wakaf BSI Seri NAZHIR IPB-BSI-01-ALUMNI IPB melingkupi pemasaran dan penyaluran wakaf melalui produk BSI Deposito Wakaf yang bagi hasilnya diserahkan kepada Nazhir IPB untuk selanjutnya didistribusikan kepada mahasiswa IPB sebagai Mauquf Alaih (penerima manfaat) dalam bentuk beasiswa.

"Tujuan dari program ini adalah untuk mencegah terjadinya putus kuliah karena adanya kendala biaya. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk mendukung pencapaian SDGs 1 (No Poverty), SDGs 4 (Quality Education), dan SDGs 5 (Gender Equality)," jelasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement