Ahad 26 Nov 2023 19:11 WIB

Resmi Spin Off, Allianz Syariah Perluas Pasar di Jawa Barat

Jawa Barat menjadi provinsi dengan penduduk beragama Islam terbanyak di Indonesia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana memberikan sambutan pada acara roadshow PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia di Bandung, 24 November 2023.
Foto: Dok. Humas Allianz Syariah
Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana memberikan sambutan pada acara roadshow PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia di Bandung, 24 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asuransi Allianz Life Syariah (Allianz Syariah) akan memperluas jangkauan pengguna asuransi di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Langkah ini dilakukan setelah Allianz Syariah resmi memisahkan diri dari induk usahanya dan menjadi entitas baru.

Sampai dengan November 2023, wilayah Jawa Barat telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Allianz Syariah. Jumlah pihak yang diasuransikan mencapai lebih dari 72 ribu orang, dan untuk wilayah Bandung sebanyak lebih dari 13 ribu orang.

Baca Juga

"Jumlah tersebut adalah jumlah tertinggi yang Allianz peroleh di Pulau Jawa yang membuktikan kepercayaan masyarakat Jawa Barat terhadap Allianz Syariah sebagai wadah pelindung masa depan mereka," kata Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana dalam keterangannya, Sabtu (25/11/2023).

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di 2022, Jawa Barat menjadi provinsi dengan penduduk beragama Islam terbanyak di Indonesia yakni 48,03 juta jiwa. Masifnya jumlah penduduk muslim di Jawa Barat berdampak pada timbulnya minat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan prinsip gaya hidup halal dan nilai-nilai yang dipegang.

 

Saat ini, dengan industri keuangan dan asuransi syariah yang terus berkembang, dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia juga semakin meningkat. "Oleh sebab itu, sektor asuransi syariah yang terbilang masih kecil pangsa pasarnya di Indonesia, memiliki potensi yang sangat besar untuk digencarkan, salah satunya di Jawa Barat," kata Permana.

Untuk mendukung hal tersebut, Allianz Syariah baru saja meluncurkan program perlindungan jiwa gratis untuk 10 ribu orang yang disebar ke berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di kota Bandung. Program ini juga sebagai salah satu upaya Allianz Syariah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi.

"Kami berharap gerakan asuransi gratis ini turut mendukung pertumbuhan ekonomi syariah dengan solusi dan layanan asuransi berbasis syariah di Indonesia," ujar Permana.

Asuransi yang dibagikan yaitu asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana dengan manfaat perlindungan dua juta rupiah selama enam bulan. Manfaat asuransi ini dapat digunakan ahli waris untuk menata rencana masa depan walaupun peran dari pencari nafkah yang merupakan peserta asuransi sudah meninggal dunia.

Gerakan pencanangan ini diberikan kepada komunitas-komunitas di Bandung seperti Baznas Jawa Barat, Dompet Dhuafa Jawa Barat, Suporter Persib Bandung (Bobotoh), Pramuka Unit SAR Kota Bandung, Tadjimalela Mutiara Kota Bandung, Posbindu Mawar 8 Kota Bandung, dan Komunitas Pengemudi Gojek Tawakal Bandung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement