Selasa 24 Oct 2023 18:50 WIB

Baznas Jakbar Tumbuhkan Pengusaha dari Kalangan Pelajar Lewat Jakbee

Jakbee jadi bentuk kepedulian Baznas Bazis membangun ekonomi via wirausaha pelajar.

Petugas memberikan informasi terkait zakat kepada warga di Gerai Zakat Baznas (Bazis) DKI Jakarta di Terowongan Kendal, Jakarta, Selasa (19/4/2022).
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas memberikan informasi terkait zakat kepada warga di Gerai Zakat Baznas (Bazis) DKI Jakarta di Terowongan Kendal, Jakarta, Selasa (19/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas Bazis Jakarta Barat (Jakbar) bertekad menumbuhkan jiwa wirausaha atau pengusaha dari ratusan pelajar sekolah menengah atas dan sederajat melalui program Jakarta Business Enterpreuner Empowerment (Jakbee) 2023 di daerah itu

"Kegiatan ini, kita adakan tiap tahun, sebagai bentuk kepedulian kami dalam pembangunan ekonomi lewat peran aktif pengusaha muda, dalam hal ini pelajar," ucap Koordinator Wilayah Baznas Bazis Jakbar Heru Norwanto saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Kegiatan tersebut diikuti 45 tim pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri ataupun swasta dengan berbagai macam bidang usaha. Heru menuturkan kegiatan tersebut berlangsung pada 24-26 Oktober 2023.

"Dari 78 tim yang sebelumnya mendaftar yang lulus seleksi sebanyak 45 tim, yang ikut tadi," kata Heru.

Heru menjelaskan, 45 tim tersebut akan mempresentasikan karya mereka di hadapan dewan juri, berupa produk makanan, minuman, kerajinan tangan dan bentuk-bentuk keterampilan lainnya.

"Selanjutnya dewan juri akan memilih tiga tim terbaik yang akan mewakili Jakarta Barat di tingkat Provinsi DKI bersaing dengan tim dari wilayah lain," ucap Heru.

Ia mengatakan, program Jakbee pada dasarnya adalah program Baznas Bazis Jakbar yang ditujukan untuk menggali potensi generasi muda sebagai generasi milenial yang dikemas dalam kegiatan lomba. "Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pelajar dengan harapan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran di DKI khususnya Jakarta Barat," katanya. 

Salah satu peserta Jakbee Jakbar 2023 dari Jurusan Pariwisata SMKN 13 Jakarta Barat, Keyzia, menyebut melalui kegiatan tersebut dirinya dan keempat teman satu timnya bisa belajar mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk merintis sebuah usaha. "Kita belajar, apa saja yang perlu dipersiapkan, kalau mau mulai sebuah usaha. Ini menambah pengetahuan juga," kata Keizya.

Keizya melihat program itu memberi kesempatan bagi pengusaha-pengusaha muda, khususnya pelajar untuk mengembangkan usaha mereka. Keyzia dan keempat orang dalam timnya sedang merintis usaha di bidang aksesoris, seperti jepit rambut, gelang, kalung dan lainnya.

Ia dan teman-temannya rutin mengikuti bazar yang diadakan sekolahnya untuk terus mengembangkan usahanya. "Kita optimis bisa ke (level) DKI, tapi setidaknya belajar banyak lewat Jakbee ini," kata Keyzia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement