Rabu 11 Oct 2023 06:02 WIB

OJK dan Sakinah Finance Edukasi Keuangan Syariah Kepada 1.000 Ustazah

Pengetahuan keuangan syariah anggota majelis taklim diakui masih kurang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
OJK bersama dengan Sakinah Finance, kembali mengadakan acara yang bertema SICANTIKS Batch 2 di Jakarta, Selasa (10/10/2023).
Foto: dok Humas Sakinah Finance
OJK bersama dengan Sakinah Finance, kembali mengadakan acara yang bertema SICANTIKS Batch 2 di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- OJK bersama dengan Sakinah Finance, kembali mengadakan acara yang bertema SICANTIKS Batch 2 di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Setelah sukses menggelar SICANTIKS di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 14 September 2023 dengan jumlah peserta 600 Muslimah, pada Batch 2 ini, SICANTIKS menambah kapasitas peserta hingga 1.200 orang. Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia.

Baca Juga

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen (KE PEPK) OJK, Friderica Widyasari Dewi menyampaikan pentingnya para perempuan untuk belajar mengenai keuangan syariah. Ia mengajak hadirin untuk meningkatkan literasi, inklusi, dan pemberdayaan finansial untuk mencapai kesejahteraan finansial. 

Presidium Badan Musyawarah Islam Wanita Indonesia (BMIWI) Nurul Hidayati menyampaikan kurangnya edukasi di kalangan jama’ah majelis taklim dan aktifis organisasi Muslimah tentang keuangan syariah. "Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini yang telah berkolaborasi dengan BMIWI dan Sakinah Finance," kata Nurul melalui keterangan tulis yang disampaikan Sakinah Finance, Rabu (11/10/2023).

Pada sesi training, Founder Sakinah Finance Murniati Mukhlisin mengajak para ustazah yang hadir untuk menyampaikan materi keuangan yang berkenaan dengan pengelolaan harta suami dan istri. Simulasi perhitungan harta waris juga dilakukan yaitu dengan membuat daftar harta dan kewajiban si mayit dan perhitungan warisnya. Acara ditutup dengan presentasi para peserta yang telah dibagi per kelompok.

Peserta SICANTIKS Batch 2 adalah para pimpinan, pengurus, penceramah (mubalighah dan usatazah) serta perwakilan anggota aktif kelompok majelis taklim serta organisasi massa nasional Muslimah di Jakarta. Turut hadir perwakilan dari Organisasi serta Majelis Muslimah, seperti Salimah, Al Irsyad Al Islamiyyah Depok, Talim Al Ikhlas, DPP Al Hidayah, MT Baitus Salam Pasar Minggu, Aisyah DKI Jakarta, Aisyah PCA Tugu, Al Hidayah, Aliansi Perempuan Peduli Indonesia, Al-Irsyad, Alisha Khadijah, Anggota Koperasi Kemensos, Anggota Muslimat Mathlaul Anwar, Angkatan Putri Alwashliyah, Aromil Jakbar, BKMM, BKMT, Daiyat Parmusi, Bunda Sholiha Kota Bekasi, Bundo Kandung Tangsel, DPP Al Hidayah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, majelis taklim disabilitas dan segenap majelis taklim lainnya yang berada di sekitar DKI Jakarta. 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement