Ahad 08 Oct 2023 13:14 WIB

Gubernur: Beautiful West Sumatera Datangkan 6,9 Juta Turis

Pemprov Sumbar akan menggenjot program ini di sisa tiga bulan jelang akhir 2023.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi aat memberikan arahan pada Subuh Mubarokah, di Masjid Raya Sumbar, Ahad (1/1/2023).
Foto: Dok Dinas Kominfotik Sumbar
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi aat memberikan arahan pada Subuh Mubarokah, di Masjid Raya Sumbar, Ahad (1/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi Sumatra Barat Mahyeldi mengungkapkan kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Program "Visit Beautiful West Sumatera" mencapai 6,9 juta wisatawan pada pertengaha 2023.

"Alhamdulillah memang kita sudah melaksanakan kegiatan Visit Beautiful West Sumatera pada tahun ini, mengalami peningkatan wisatawan luar biasa. Alhamdulillah pada pertengahan tahun ini tercatat kunjungan wisatawan telah mencapai 6,9 juta orang," ujar Mahyeldi di Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga

Dia menambahkan, Pemprov Sumbar menargetkan 8,2 juta wisatawan pada tahun ini melalui program Visit Beautiful West Sumatera 2023.

"Kita masih punya waktu selama tiga bulan lagi. Biasanya pada akhir tahun kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dan kami telah memiliki program-program pada waktu tersebut," kata dia.

 

Wisatawan yang berkunjung ke Sumatra Barat pada tahun ini terkait kegiatan Visit Beautiful West Sumatera, berasal dari wisatawan dalam negeri maupun internasional. Adapun kunjungan wisatawan mancanegara berasal dari negara-negara Eropa, dan kunjungan wisatawan terbanyak berasal dari Malaysia serta Australia.

"Mudah - mudahan ke depan sesuai dengan yang telah kita laksanakan pada tahun ini yakni Program Visit Beautiful West Sumatera dan Insya Allah pada 2024 diharapkan kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat bisa meningkat lebih baik lagi, sehingga bisa memberikan hal positif bagi pembangunan pariwisata di Sumatra Barat dan juga memberikan kontribusi lebih baik dalam pergerakan ekonomi," kata Mahyeldi.

Sebagai informasi, Visit Beautiful West Sumatra 2023 merupakan program aktivasi setelah pandemi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mendorong nilai ekonomi serta membuka lapangan kerja pada semua sektor pariwisata yang ada.

Ada tiga daya tarik utama wisatawan datang ke Sumatra Barat. Yakni "Budaya Nan Khas", "Makanan Nan Lamak dan Lamak Bana", serta "Alam Nan Indah".

 

 

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement