Ahad 17 Sep 2023 20:01 WIB

Bank Muamalat dan BMM Berdayakan Petani Cabai Keriting di Pangalengan

Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi petani cabai.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi petani cabai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) memberdayakan petani cabai keriting di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi mengatakan, pelaksanaan program sosial ini merupakan bentuk penyaluran dana zakat dari Bank Muamalat kepada penerima manfaat terpilih. Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam lingkup Desa Warnasari dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada.

“Desa Warnasari ini dipilih karena dinilai memiliki potensi pertanian cabai keriting yang prospektif. Hanya saja, selama ini para petaninya terhambat oleh kurangnya modal yang berdampak pada harga jual yang kurang sesuai. Oleh karena itu, dukungan dari Bank Muamalat dan BMM diharapkan dapat menjadi solusi bagi petani di daerah tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Ahad (17/9/2023).

Baca Juga

Novwar, sapaan akrab Novi Wardi menjelaskan, dalam program ini pihaknya tidak sekadar memberikan bantuan tetapi turut melakukan pendampingan dengan memberikan pengetahuan menyeluruh terkait budidaya cabai keriting, termasuk di dalamnya potensi bisnis usaha yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan penerima manfaat.

Sebagai informasi, sinergi antara Bank Muamalat dan BMM selama ini terus terjalin dimana berbagai program telah diimplementasikan. Di antaranya melalui sejumlah program ekonomi seperti pemberian modal usaha bergulir yaitu Program Sahabat UMKM Indonesia, Foodcourt Berdaya, Pemberdayaan Jamur Tiram, Ternak Domba Bersahabat serta program pendidikan seperti Beasiswa Cikal Indonesia.

Novwar menambahkan bahwa pihaknya senantiasa mengajak berbagai mitra dan stakeholder untuk meluaskan manfaat dari dana zakat mereka melalui program-program terbaik BMM yang diimplementasikan di masyarakat.

Bank Muamalat merupakan pionir perbankan syariah di Indonesia, didirikan pada 1 November 1991 yang digagas oleh MUI, ICMI, serta beberapa pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement