Selasa 29 Aug 2023 22:35 WIB

OJK-Asbisindo Gencarkan Gerakan Indonesia Menabung

Program Indonesia Menabung diharap dapat dukung Program Satu Rekening Satu Pelajar.

Pemkot Bogor dan OJK memberikan literasi keuangan dan mengajarkan anak-anak untuk menabung sejak dini di Plaza Balai Kota Bogor, Selasa (25/7/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Pemkot Bogor dan OJK memberikan literasi keuangan dan mengajarkan anak-anak untuk menabung sejak dini di Plaza Balai Kota Bogor, Selasa (25/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Lampung menggencarkan Gerakan Indonesia Menabung bagi para pelajar di provinsi ini.

"Selama bulan Agustus seluruh daerah secara nasional memang diminta untuk menyukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) sebagaimana telah ditetapkan olah Bapak Presiden RI Joko Widodo," kata Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto di Bandarlampung, Selasa (29/8/2023).

Ia mengatakan bahwa dalam menyukseskan Program HIM ini OJK berkolaborasi dengan Asbisindo dan Baitu Jannah Islamic School Bandarlampung guna mengakselerasi peningkatan jumlah rekening dan nominal saldo tabungan SimPel iB dan SiMuda.

"Kami harapkan dengan Program Indonesia Menabung ini dapat mendukung Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang sudah diresmikan secara nasional," kata dia.

Ia mengatakan bahwa dengan dihadirkannya program ini langsung di sekolah diharapkan simpanan pelajar ini sekaligus bisa mengedukasi setiap pelajar dari tingkatan usia dini, SMP dan SMA bisa menabung.

"Jadi kami juga mendorong para siswa untuk bisa menabung dimana pun. Khusus di Bank Syariah itu ada namanya Simpel iB. Jadi simpanan berhadiah ini baru pertama kali diadakan di Indonesia, melibatkan Asbisindo sehingga diharapkan dapat banyak rekening yang dibuka dan semakin banyak juga hadiahnya," kata dia.

Ketua Asbisindo DPW Provinsi Lampung, Dede Irawan Hamzah mengatakan bahwa kegiatan HIM 2023 dan Program KEJAR merupakan wadah bersama bagi perbankan syariah untuk meningkatkan produk tabungan syariah (simple IB) serta literasi dan inklusi keuangan syariah di Lampung.

"Terobosan yang dilakukan Asbisindo Lampung tahun 2023 ini adalah adanya program Tabungan Pelajar (Simpel IB) Berhadiah bagi siswa/i, dengan persyaratan pembukaan rekening pelajar serta top up tabungan," Dede Irawan Hamzah yang juga Area Manager BSI Lampung.

Dengan program tersebut, lanjut dia, pelajar yang membuka tabungan atau melakukan top up berhak mendapatkan kupon yang nantinya akan dikumpulkan di BUS/UUS/BPRS anggota Asbisindo DPW Lampung yang berada di seluruh daerah di wilayah provinsi ini.

"Hadiah yang diberikan diharapkan dapat mendukung aktivitas belajar siswa dan siswi, terdiri atas sepeda listrik, sepeda MTB," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement