Selasa 15 Aug 2023 14:29 WIB

Hingga Mei 2023, Transaksi BSI Mobile Capai 140 Juta

Total transaksi BSI Mobile mencapai 140 juta transaksi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi transaksi donasi melalui BSI Mobile.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ilustrasi transaksi donasi melalui BSI Mobile.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat, hingga Mei 2023, total transaksi BSI Mobile mencapai 140 juta transaksi. Pencapaian ini menjadi bukti semakin kuatnya transformasi digital dalam layanan digital. 

Menurut SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih, preferensi masyarakat terhadap penggunaaan aplikasi digital terus mengalami peningkatan. Era digital menjadi satu hal yang pasti untuk membentuk perilaku masyarakat bertransaksi, termasuk transaksi finansial dan sosial. 

Baca Juga

BSI, lanjut Saut, terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan digital, salah satunya melalui BSI Mobile. Strategi transformasi digital yang BSI jalankan dilakukan seiring dengan perubahan pola konsumen yang kini mengandalkan digital.

“Melalui aplikasi BSI Mobile, pola konsumen yang preferensinya semakin mengedepankan digital akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi finansial, seperti buka tabungan online, transfer, mengisi e-money dan sebagainya. Bahkan, kami juga memberikan layanan transaksi sosial seperti membayar zakat, infak dan sedekah yang tersedia di dalam BSI Mobile,” kata Saut, Selasa (15/8/2023).

Bagi nasabah BSI yang didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan rentang umur 18-35 tahun, kemudahan digital merupakan sebuah fitur yang menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu, BSI terus mengembangkan BSI Mobile sebagi platform digital utama guna mengikuti kebutuhan nasabah BSI yang beragam. Selain kemudahan transaksi finansial, BSI Mobile juga menyediakan berbagai kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi sosial dan bahkan layanan spiritual, seperti arah kiblat, masjid terdekat, dan waktu shalat.

Tercatat, hingga Mei 2023, transaksi BSI didominasi oleh transaksi melalui BSI Mobile dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 140 juta transaksi, dengan porsi transaksi ZISWAF mencapai lebih dari 4,7 juta transaksi. 

Transaksi dengan traffic tertinggi dalam layanan ZISWAF BSI, adalah fitur Zakat, Infaq, dan Donasi Program Ramadhan. Hal ini menunjukkan bahwa BSI Mobile menjadi pilihan nasabah guna mempercepat transaksi yang bahkan bersifat sosial karena nasabah dapat melakukan dan menyebarkan kebaikan di mana pun dan kapan pun.

Saut juga mengatakan bahwa BSI Mobile hadir sebagai one stop solution, yakni aplikasi mobile banking berbasis syariah yang dapat menghadirkan layanan lengkap, mulai dari pembukaan tabungan secara online, transfer dan bayar, pembiayaan, hingga investasi emas.

“Selain itu, kami juga dapat sampaikan bahwa aplikasi mobile banking kami berbeda dari yang lain karena dapat menjadi sahabat finansial, sosial, dan bahkan spiritual bagi para penggunanya,” kata Saut.

Sementara itu, dalam rangka HUT RI yang ke-78, BSI bersama BSI Maslahat mengajak masyarakat untuk berbagi bantuan kepada 780 veteran di seluruh Indonesia melalui paket berbagi donasi senilai Rp 20 ribu melalui fitur di BSI Mobile. 

Nantinya, paket ini akan didistribusikan kepada veteran di seluruh wilayah Indonesia pada periode 17-31 Agustus 2023. Masyarakat juga dapat melihat keterbukaan penggunaan donasi melalui media sosial resmi milik BSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement