Kamis 27 Jul 2023 19:46 WIB

Bank Muamalat Dorong Persiapan Haji Sejak Masih Anak-Anak

Kampanye ini dalam rangka persiapan dana kebutuhan haji di masa depan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Nasabah melakukan proses pembukaan rekening tabungan haji anak di kantor cabang Bank Muamalat Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023).
Foto: Republika/Edwin Putranto
Nasabah melakukan proses pembukaan rekening tabungan haji anak di kantor cabang Bank Muamalat Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mendorong masyarakat untuk mempersiapkan ibadah haji anak sedini mungkin dengan menggalang kampanye Haji Anak Hebat. Kampanye ini ditujukan untuk membantu orang tua dalam melakukan perencanaan tabungan anak dalam rangka persiapan dana kebutuhan haji di masa depan.

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, saat ini 75 persen pendaftar haji di Indonesia berusia di atas 40 tahun. Dengan masa tunggu keberangkatan ibadah haji rata-rata lebih dari 20 tahun, maka sebagian besar jamaah haji asal Indonesia didominasi oleh jamaah usia lanjut. Padahal, haji adalah salah satu ibadah yang membutuhkan kondisi fisik prima.

Baca Juga

 

"Oleh karena itu, kami ingin menumbuhkan kesadaran bagi orang tua untuk mulai mempersiapkan ibadah haji sedini mungkin dengan membuka tabungan khusus haji untuk anak. Agar kelak ketika sudah tiba waktunya maka ibadah haji anak dapat lebih efektif karena dilakukan di usia yang masih muda dan produktif," ujarnya, Kamis (27/7/2023).

Kampanye ini sejalan dengan gerakan “Haji Muda” yang dicanangkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang merupakan Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Muamalat. Gerakan “Haji Muda” bertujuan agar generasi muda Muslim di Tanah Air dapat mulai merencanakan biaya perjalanan haji lebih awal.

Dalam rangka menyukseskan kampanye ini, Bank Muamalat menyediakan produk yang dapat membantu orang tua melakukan perencanaan dana kebutuhan haji untuk anaknya, baik dalam bentuk setoran awal maupun setoran lunas. Produk yang ditawarkan oleh Bank Muamalat adalah Tabungan iB Hijrah Haji. 

Tabungan ini dikelola secara syariah dengan akad titipan atau Wadiah Yad Dhamanah yang bebas biaya bulanan, dengan fasilitas standing instruction atau pendebetan otomatis dengan setoran setiap bulan yang fleksibel dan dapat ditentukan sesuai kemampuan dan tujuan menabung orang tua maupun anak. 

Sebagai ilustrasi, dengan asumsi setoran awal sebesar Rp 25 juta, jika anak mulai menabung sejak usia lima tahun selama tujuh tahun sebesar Rp 10 ribu per hari, maka porsi haji akan diperoleh pada saat anak berusia 12 tahun atau kira-kira saat kelas 1 SMP. Dengan estimasi masa tunggu kurang lebih 21 tahun, maka anak sudah dapat berangkat haji saat usia 33 tahun.

Sebagai informasi, per akhir Maret 2023 total tabungan haji di Bank Muamalat tercatat sebesar Rp 1,27 triliun. Melalui kampanye Haji Anak Hebat ini, perseroan menargetkan tabungan haji dapat meningkat menjadi Rp 1,33 triliun pada akhir 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement