Kamis 20 Jul 2023 10:51 WIB

DPK Tembus Rp 805 Miliar, BSI Optimalisasi Potensi Pesantren

BSI mengoptimalisasi potensi ekonomi di lebih dari 18 ribu pesantren.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana gedung Bank Syariah Indonesia di Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana gedung Bank Syariah Indonesia di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengoptimalisasi potensi ekonomi dan layanan jasa perbankan syariah di lebih dari 18 ribu pesantren, yang tersebar di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengakselerasi implementasi ekosistem halal.

Direktur Retail Banking BSI, Ngatari, mengatakan BSI menjadikan pesantren sebagai salah satu fokus yang memberikan dampak positif bagi pengembangan pasar syariah. Hal ini mengingat pesantren memiliki ekosistem yang bisa membangun ekonomi dan keuangan syariah melalui optimalisasi potensi ekonomi yang ada di internal pesantren dan masyarakat lingkungan sekitar pesantren.

Baca Juga

Pesantren, lanjut Ngatari, adalah inkubator bagi para calon muslimpreneur di masa depan. Karena itu, BSI terus mengkaji skema yang tepat dan efisien agar pesantren bisa memberikan kontribusi yang lebih besar.

“BSI memandang bahwa pesantren memiliki peran strategis dalam pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Untuk itu, kami terus berupaya mengkaji skema yang tepat dan efisien sehingga bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi syariah di Tanah Air,” kata Ngatari dalam keterangan, Kamis (20/7/2023).

Jumlah pesantren di Indonesia saat ini mencapai 39.167 pesantren. Hingga kini, BSI sudah telah bekerjasama dengan lebih dari 18 ribu pesantren.

Berbagai aspek pengembangan yang telah dilakukan BSI di lingkungan pesantren yakni dalam hal pembiayaan Pertashop sebanyak lebih dari 50 unit, pembiayaan UMKM dan Agen BSI Smart sebanyak lebih dari 200 agen.

"Agen BSI Smart ini merupakan Laku Pandai layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif," ujarnya.

Aspek pengembangan lainnya yakni BSI mendukung manajemen masjid. BSI jugq terus memacu entrepreneurship melalui program Talenta Wirausaha BSI bagi para santri pesantren. Bahkan, per Mei 2023, BSI juga telah dipercaya mengelola dana pihak ketiga (DPK) ekosistem di lingkungan pesantren sekitar Rp 805 miliar.

“Peran Pesantren di Indonesia cukup besar. Hal ini tercermin dari lahirnya tokoh-tokoh bangsa yang memberikan kontribusi bagi kemajuan keilmuan di tanah air, memberikan skema - skema bisnis sesuai syariah yang hanya ada di pesantren, dan juga melahirkan ribuan santri yang bertalenta,” ucap Ngatari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement