Selasa 18 Jul 2023 23:12 WIB

Gandeng Pelindo Terminal Petikemas, BSI Dukung Digitalisasi Layanan

BSI menggandeng Pelindo Terminal Petikemas guna meningkatkan layanan bank syariah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana gedung Bank Syariah Indonesia di Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana gedung Bank Syariah Indonesia di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng PT Pelindo Terminal Petikemas guna meningkatkan layanan jasa perbankan syariah di sektor kemaritiman. Hal ini untuk mendorong digitalisasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan layanan transaksi perbankan bagi ekosistem pelabuhan.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan sebagai bank syariah terbesar di Tanah Air, BSI terus berkomitmen meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan mitra-mitra di berbagai sektor, salah satunya di industri kemaritiman. BSI siap mendukung dan mengembangkan layanan perbankan untuk Pelindo Terminal Petikemas, sehingga mendorong digitalisasi layanan di lingkungan Subholding Pelindo Terminal Petikemas.

Baca Juga

“Adanya kerja sama digitalisasi ini akan memudahkan pengguna Jasa Pelindo dalam melakukan transaksi pembayaran secara cashless dan mendukung transparansi keuangan yang aman dan akuntabel,” ujar Ngatari dalam keterangan resmi, Selasa (18/7/2023).

Kerja sama antara BSI dan Pelindo Terminal Petikemas meliputi penyediaan fasilitas pembayaran secara host to host serta penggunaan Virtual Account BSI sehingga pembayaran dapat dilakukan di e-channel BSI seperti ATM, BSI NET, CMS BSI, BSI Mobile dan Kantor Cabang BSI. BSI juga memfasilitasi sentralisasi pengeloaan anggaran di lingkungan PT Pelindo beserta Sub Holding dan anak perusahaan melalui penggunaan produk BSI Thru Account.

 

“Hal ini tentunya memudahkan dalam pengelolaan rekening agar lebih efektif, efisien dan akuntabel serta dapat lebih mengoptimalkan likuiditas perusahaan dan dapat menekan biaya operasional,” ujar Ngatari.

Ngatari mengatakan, pertumbuhan bisnis BSI dengan Pelindo terus mengalami kenaikan. Hal tersebut terutama dari sisi transaksi retail yang berkaitan dengan layanan pembayaran pengguna jasa pelabuhan melalui kanal Bill Payment dan Auto Collection System.

Selain kerja sama host to host pembayaran, BSI juga menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat dimanfatkan bagi para pegawai Pelindo dan Subholding Pelindo. Beberapa produk dan layanan tersebut di antaranya , Tabungan Haji, Tabungan pegawai, Payroll Pegawai, Pembiayaan Griya, Oto, Multiguna, Cicil Emas dan lainnya.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan melalui kerja sama layanan dengan BSI, nantinya pengguna jasa tidak perlu melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara manual. Seluruh proses pembayaran akan dilakukan dengan pemindahbukuan secara langsung oleh SPTP. Nantinya, antara SPTP dan BSI akan terhubung secara langsung secara host to host untuk melakukan sejumlah layanan perbankan bagi pengguna jasa.

"Transparansi dan integritas menjadi prinsip dalam layanan yang disiapkan antara SPTP dan BSI bagi pengguna jasa," kata Widyaswendra.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement