Kamis 08 Jun 2023 07:34 WIB

Jumlah Penumpang KA Panoramic Terus Bertambah, Ini Jadwal Perjalanannya

Total jumlah penumpang KA Panoramic sudah mencapai 7.470 penumpang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kereta Panoramic. PT Kereta Api Pariwisata mencatat jumlah penumpang kereta Panoramic sudah mencapai 7.470 penumpang.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Kereta Panoramic. PT Kereta Api Pariwisata mencatat jumlah penumpang kereta Panoramic sudah mencapai 7.470 penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Pariwisata mencatat saat ini jumlah penumpang Kereta Api (KA) Panoramic terus bertambah sejak 2022. Humas Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar mengatakan jumlah penumpang yang menggunakan perjalanan dengan kereta Panoramic pada 2022 sebanyak 988 Penumpang.

Sementara, pada Januari hingga Mei 2023, jumlah penumpang mencapai kurang lebih 6.482 penumpang. "Sehingga total jumlah penumpang sudah mencapai kurang lebih 7.470 penumpang,” kata Ilud dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

Dengan terus bertambahnya penumpang, PT Kereta Api Wisata akan menambah pola operasional KA Panoramic. Dia memastikan, sejak 3 Juni 2023, KA Panoramic beroperasi setiap harinya dengan relasi Bandung-Gambir pergi pulang (pp).

Ilud memastikan, sebagai anak perusahaan KAI yang ditunjuk sebagai pengelola Kereta Panoramic terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Khususnya dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi para penumpang kereta Panoramic baik dalam pola operasi perjalanan maupun fasilitas pelayanan.

Dia menyampaikan, selain berjalan setiap hari, kereta Panoramic akan melakukan perjalanan pada akhir pekan untuk relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp. "Kereta Panoramic tersebut mulai berjalan pada 16 Juni 2023 yang dirangkaikan perjalanan dengan kereta api Wilis dan kereta api Turangga," jelas Ilud.

Perubahan dan penambahan jadwal perjalanan kereta Panoramic tersebut merupakan upaya meningkatkan pelayanan dan permintaan para pelanggan kereta Panoramic. Selain itu juga dengan diberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru.

Untuk saat ini KA Panoramic tersedia dua seat rangkaian dengan jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak kurang lebih 38 tempat duduk. Sebelumya KA Panoramic beroperasi dengan komposisi 46 tempat duduk.

Berikut jadwal perjalanan KA Panoramic setiap harinya:

• KA Argo Parahyangan Panoramic (43 Pc) keberangkatan Bandung pukul 06.00 WIB dan tiba di Gambir pukul 08.45 WIB.

• KA Argo Parahyangan Panoramic (44 Pc) keberangkatan Gambir pukul 09.30 WIB dan tiba di Bandung pukul 12:26 WIB.

• KA Argo Parahyangan Panoramic (45 Pc) keberangkatan Bandung pukul 16.10 WIB dan tiba di Gambir pukul 18.56 WIB.

• KA Argo Parahyangan Panoramic (46 Pc) keberangkatan Gambir pukul 19.45 WIB dan tiba di Bandung pukul 22.30 WIB.

 

Selanjutnya untuk jadwal perjalanan Kereta Panoramic setiap akhir pekan sebagai berikut:

• KA Argo Wilis Panoramic (6 Pc) keberangkatan Bandung pukul 07.40 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 17.35 WIB (Berjalan setiap Jumat).

• KA Turangga Panoramic (65 Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 20.00 WIB dan tiba di Bandung pukul 06.17 Wib (Berjalan setiap Jumat).

• KA Turangga Panoramic (66 Pc) Keberangkatan Bandung pukul 18.10 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 04.21 (Berjalan setiap Sabtu).

• KA Argo Wilis Panoramic (5 Pc) Keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 08.15 WIB dan tiba di Bandung pukul 18.08 WIB (Berjalan setiap Ahad).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement