Jumat 26 May 2023 16:51 WIB

Astindo NTB Jual Paket MXGP untuk Gaet Wisatawan

Dengan Rp 3,5 juta, turis bisa nonton dua seri MXGP plus wisata di Sumbawa dan Lombok

Pembalap tim HRC asal Slovenia Tim Gajser melewati garis finis saat balapan pada seri ke-12 kejuaraan dunia motocross MXGP Samota 2022 di Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB, Ahad (26/6/2022). Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Nusa Tenggara Barat (NTB) menjual paket wisata Motocross Grand Prix (MXGP)
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pembalap tim HRC asal Slovenia Tim Gajser melewati garis finis saat balapan pada seri ke-12 kejuaraan dunia motocross MXGP Samota 2022 di Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB, Ahad (26/6/2022). Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Nusa Tenggara Barat (NTB) menjual paket wisata Motocross Grand Prix (MXGP) "Beli Samota dapat Selaparang" dengan harga yang cukup terjangkau, untuk menarik minat kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Nusa Tenggara Barat (NTB) menjual paket wisata Motocross Grand Prix (MXGP) "Beli Samota dapat Selaparang" dengan harga yang cukup terjangkau, untuk menarik minat kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri.

"Kami menyediakan paket wisata beli MXGP Samota dapat juga MXGP Selaparang. Harga mulai dari Rp 3,5 juta all in untuk dua seri acara tersebut," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Astindo NTB Sahlan, di Mataram, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

Ia menyebutkan dua seri balapan motor internasional tersebut akan digelar di Sirkuit MXGP Samota, Kabupaten Sumbawa, Pulau Sumbawa, pada 23-25 Juni 2023. Kemudian di Sirkuit MXGP Selaparang, Kota Mataram, Pulau Lombok, pada 1-2 Juli 2023.

Wisatawan yang membeli paket tersebut akan mendapat layanan perjalanan dari Kota Mataram, Pulau Lombok, menuju Sirkuit MXGP Samota pada 22 Juni malam dan tiba pada 23 Juni pagi hari. Setelah tiba di Sumbawa, wisatawan diajak menikmati sarapan kuliner khas Kabupaten Sumbawa, sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke Pulau Moyo. Setelah itu baru menonton balapan hari pertama.

 

Pada hari kedua, lanjut Sahlan, wisatawan akan diajak berwisata ke Istana Dalam Loka, dan mengunjungi desa wisata. Setelah itu, menonton final MXGP Samota. "Jadi perjalanan ke destinasi wisata kita atur setengah hari, kemudian menonton balapan setengah hari. Selesai menonton final MXGP Samota, langsung balik ke Pulau Lombok," ujar Sahlan.

Setelah tiba di Pulau Lombok, kata dia, wisatawan dipersilakan untuk menunggu jadwal MXGP Selaparang, atau bisa juga kembali ke tempat asalnya, kemudian balik satu hari sebelum penyelenggaraan balapan pada 1-2 Juli 2023.

Sahlan menambahkan untuk perjalanan wisata di Pulau Lombok, wisatawan akan diajak ke Sirkuit Mandalika, di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Selain itu, ke kawasan wisata bahari Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara. Waktu berkunjung ke setiap destinasi hanya setengah hari, setelah itu menonton balapan.

"Jadi dengan uang Rp 3,5 juta dapat tiket menonton dua seri MXGP, yakni Samota dan Selaparang, menginap di hotel berbintang di Sumbawa dua malam, dan dua malam di Kota Mataram. Tapi paket itu tidak termasuk harga tiket pesawat," kata Sahlan.

Selain menjual paket wisata, kata dia, pihaknya juga menjual tiket MXGP dari berbagai kelas. Target penjualan sebanyak 20 ribu lembar, masing-masing 10 ribu untuk tiket MXGP Samota, dan 10 ribu lembar untuk tiket MXGP Selaparang. Tiket bisa dibeli langsung secara manual di Kantor Astindo NTB.

Sahlan mengatakan pihaknya sudah menggaungkan event MXGP NTB tersebut ke seluruh DPD Astindo se-Indonesia. Promosi juga dilakukan saat mengikuti DiIndonesiaAja Trafel Fair di Jakarta pada 19-21 Mei 2023.

"Kami juga akan mempromosikan MXGP Samota dan MXGP Selaparang pada acara Table Top di Yogyakarta pada 29-31 Mei 2023. Kami juga akan promosikan pada acara Mandalika Travel Mart yang akan dihadiri 150 buyer, dimana 75 buyer berasal dari ASEAN," kata dia lagi.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement